Pengembangan Aplikasi Manajemen Risiko sebagai Upaya Terselenggaranya Good Corporate Governance  

2021-01-06T10:34:28+00:00

 

integrasolusi.com – Momen akhir tahun menjadi waktu yang sangat menyibukkan bagi hampir semua instansi atau perusahaan tak terkecuali bagi Integra Teknologi Solusi. Pada akhir tahun ini kami diberi kepercayaan oleh PT SIER untuk mengembangkan Aplikasi Manajemen Risiko demi terselenggaranya tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dalam mengelola perusahaan. Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya peran teknologi informasi dalam proses menjalankan roda organisasi perusahaan sebagai bagian dari industri 4.0. Oleh karena itu, diperlukan perhatian untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian menuju ke arah penyelenggaraan perusahaan yang lebih baik.

Sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan Tata Kelola Perusahaan yang baik, penerapan teknologi dan informasi dalam mengembangkan perusahaan mempunyai peran penting guna meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan sistem informasi, dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan perusahaan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan informasi.

Aplikasi Manajemen Risiko sendiri merupakan salah satu bagian dari pengembangan Sistem Informasi Manajemen yang diharapkan dapat menjadi alat untuk mengelola data risiko secara terpadu, sehingga membantu efisiensi proses pengelolaan dan dokumentasi risiko. Pengembangan sistem informasi ini dilakukan dengan mengacu kepada permasalahan-permasalahan yang ada sebelumnya guna memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Aplikasi ERM-SIER memungkinkan pendekatan terstruktur dan sistematis untuk mengelola risiko perusahaan secara efektif untuk mendeteksi, mengevaluasi, dan memitigasi risiko, serta memastikan bahwa program mitigasi risiko yang telah dan akan dilakukan dapat dipantau dengan baik. Dengan dukungan metodologi dan kriteria penilaian risiko yang baku, Aplikasi Manajemen Risiko memberikan pemahaman yang akurat tentang risiko di seluruh level organisasi. Informasi real-time yang ada dalam dashboard Aplikasi Manajemen Risiko akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat.

Pengembangan sistem informasi manajemen tidak semata-mata membuat software namun aspek implementasi harus diperhatikan, karena banyak perusahaan yang lebih memfokuskan pengembangan software tanpa mempertimbangkan aspek implementasi terkait dengan keadaan infrastruktur, SDM, dan strategi migrasi data. Meskipun secara garis besar proses pengelolaan Manajemen Risiko relatif sama, akan tetapi masing-masing perusahaan mempunyai karakter dan kebutuhan spesifik dalam mengelola risikonya. Oleh sebab itu perlu dicari solusi yang paling pas sesuai karakteristik masing-masing perusahaan dan pendampingan secara intensif untuk menjamin kesuksesan implementasi sistem.

Sejauh ini pengembangan Aplikasi Manajemen Risiko sudah sampai pada proses desain flowchart, database, dan prototype. Harapan kami jika Aplikasi Manajemen Risiko telah selesai dikembangkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, mempermudah dan memperlancar operasional perusahaan dan meningkatkan pemanfaatan teknologi guna menunjang visi dan misi perusahaan.

 

Sejauh mana implemetnasi Aplikasi Manajemen Risiko di perusahaan Anda?

Butuh informasi lengkap tentang Aplikasi Manajemen Risiko? Silakan hubungi kami

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp