Efektif Berkolaborasi untuk Mencapai Tujuan Bersama dan Meningkatkan Solidaritas Tim

2021-01-19T13:29:59+00:00

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan agar roda organisasi dapat berputar dengan baik untuk mencapai visi misi dan kepentingan bersama, hal dasar yang harus dipenuhi salah satunya adalah kesolidan tim. Tidak dapat dipungkiri kesolidan sebuah tim dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan nyaman untuk melakukan aktivitas pekerjaan. Selain itu kolaborasi dengan satu tim atau dengan divisi lain juga tidak kalah penting. Sering kali akar permasalahan dari perusahaan akibat dari buruknya koordinasi. Oleh sebab itu, mengingat sebuah organisasi terdiri dari banyak personil dan juga divisi, kerjasama atau kolaborasi mutlak harus dilakukan. Untuk mencapai tujuan bersama, setiap personil harus berpikiran dan berpemahaman yang sama bahwa kolaborasi adalah sebuah keniscayaan. Tidak boleh ada personil yang individualistis bertindak semaunya sendiri. Produktivitas kerja adalah hal yang utama untuk mencapai hal tersebut setiap personil harus mampu berkalaborasi dengan baik.

Agar kolaborasi dapat berjalan dengan efektif, hal yang harus dilakukan adalah memahami dengan jelas peran dan tanggung jawab dari masing-masing personil. Dengan pemahaman peran dan tanggung jawab yang jelas diharapkan dapat membuat setiap tim dan anggotanya bekerja lebih efisien. Terutama jika pekerjaan yang sedang dikerjakan adalah pekerjaan yang kompleks dan memerlukan perhatian dari banyak pihak. Kolaborasi juga mendekatkan satu tim dengan yang lainnya sehingga memudahkan dalam pencarian solusi bagi setiap masalah yang sedang dihadapi.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips agar kolaborasi dapat berjalan dengan optimal dan efektif.

  1. Mengedepankan sikap rendah hati

Dengan bersikap rendah hati, kesan yang didapat adalah kita mempunyai pemikiran terbuka dan mempunyai jiwa yang tenang dan tidak sombong sehingga dapat menerima tantangan, kritik atau komentar dari tim dengan bijaksana.

  1. Mau berbagi ide, pendapat, dan saran

Agar kolaborasi dapat berjalan dengan baik, hal yang harus dihindari adalah bersifat egois dalam menentukan keputusan. Setiap keputusan harus diambil atas kesepakatan bersama, diambil dari hasil diskusi dari penggabungan ide, pendapat, dan saran dari rekan satu tim, sehingga didapatkan keputusan terbaik dari penggabungan pemikiran banyak orang.

  1. Adanya tujuan yang jelas

Tujuan dari diadakannya kolaborasi harus jelas sejak awal sehingga anggota tim mempunyai pemahaman yang sama terhadap tujuan yang ingin dicapai. Lalu juga untuk meminmalisir adanya miskokunikasi antar sesama anggota tim.

  1. Akomodatif terhadap kebutuhan orang lain

Kolaborasi mengharuskan Anda untuk lebih menyadari peran, kebutuhan, serta kepentingan anggota tim yang lain. Agar dapat akomodatif terhadap kebutuhan anggota tim yang lain, Anda perlu menjadi fleksibel dalam memahami orang lain. Menjadi pendengar yang baik terhadap ide, saran, maupun kritik dari orang lain. Dengan sikap fleksibel, Anda secara tidak langsung telah menaruh kepercayaan dan menciptakan transparansi. Misalnya dengan cara meminta seluruh anggota tim menyebutkan kebutuhan dan kesulitan yang dihadapi agar sesama anggota dapat saling mengerti.

  1. Tidak segan memberi kepercayaan kepada anggota lain untuk menjadi pemimpin

Cara terakhir agar kolaborasi berjalan efektif adalah dengan memberikan kesempatan kepada anggota tim yang lain untuk memimpin suatu proyek. Dengan memberikan kepercayaan kepada anggota lain, secara tidak langsung Anda telah memberikan kesempatan anggota lain untuk unjuk gigi dan berperan lebih. Tunjukan kepercayaan Anda kepada anggota tim agar dapat saling memberikan ruang untuk belajar dan berkembang.

Demikian, semoga penjelasan di atas dapat memberikan pencerahan kepada kita semua agar dapat berkolaborasi dengan lebih baik dan lebih solid lagi sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai dengan sukses. Sekian dan terima kasih.

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp