3 Alasan Pentingnya Review Dokumen Perusahaan

2023-06-15T11:27:16+07:00 June 23rd, 2023|Categories: Document Management System|Tags: , |

integrasolusi.com – Dokumen merupakan bagian dari administrasi bisnis yang diperlukan untuk menyampaikan informasi maupun keterangan dalam bentuk tertulis. Dokumen tersebut bisa mencakup eksternal ataupun internal perusahaan. Itulah sebabnya, Anda perlu mengetahui pentingnya review dokumen perusahaan sebelum disepakati dengan tanda tangan resmi.

Jadi, mengapa perlu meninjau dokumen perusahaan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada tiga alasan pentingnya meninjau ulang dokumen.

Pentingnya Meninjau Dokumen Perusahaan

Mengantisipasi Risiko

Risiko apa pun bisa terjadi ketika Anda membuat sebuah dokumen. Salah satu risikonya adalah kekeliruan dalam membuat redaksi kalimat sehingga menimbulkan salah tafsir. Hal demikian dapat menimbulkan konflik dalam tim maupun organisasi secara keseluruhan. Risiko yang lebih besar tentu akan terjadi jika dokumen tersebut digunakan untuk keperluan dengan pihak eksternal.

Baca juga:  Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Pengelolaan Dokumen Perusahaan?

Contoh lain, saat membuat dokumen perjanjian, beberapa pebisnis menganggap pengecekan ulang tidak perlu dilakukan. Mereka terlalu memercayai semua akan baik-baik saja. Padahal, potensi pelanggaran perjanjian tetap ada, sekalipun teman atau saudara sendiri yang menjadi rekan bisnis. 

Jika sudah terlanjur berkonflik, penyelesaian akan lebih rumit. Bahkan, untuk menyewa seorang pengacara, Anda harus menyiapkan banyak uang. Karena itu, setiap pebisnis harus memerhatikan pentingnya review dokumen perusahaan sebelum ditandatangani. Kalau perlu, anda bisa menggunakan jasa advokat untuk meninjau dokumen.

Baca juga:  Hal Penting Dalam Pengelolaan Dokumen Perusahaan yang Wajib Anda Tahu

Memastikan Dokumen Tidak Melanggar Hukum

Salah satu hal yang menjadi alasan pentingnya review dokumen perusahaan di Indonesia, yakni berlakunya aturan hukum. Sebagai contoh, dalam menyusun perjanjian atau surat kontrak, Anda harus memenuhi syarat sesuai Pasal 1320 KUHP. Jika tidak mampu memahami konten pasal tersebut, setiap pebisnis disarankan menggunakan jasa ahli hukum atau advokat.

Dalam Pasal 1320 KUHP disebutkan syarat sah dokumen perjanjian, yaitu harus ada kesepakatan yang mengikat dan kecakapan untuk membuat perikatan. Syarat lainnya adalah surat perjanjian meliputi suatu hal tertentu dengan disebabkan oleh hal yang halal.

Memahami Isi Dokumen

Sebagian dokumen perusahaan kerap dibuat dengan redaksi kalimat yang kompleks sehingga sulit dipahami. Jika tidak mampu memahami makna isi dokumen, tentu bisa menyusahkan pebisnis di masa mendatang. Misalnya, dalam dokumen tertulis hak dan kewajiban, pastikan pebisnis meninjau konten tersebut serta berkonsultasi dengan ahli hukum mengenai plus minusnya.

Baca juga:  Pengembangan E-Office di Pemprov DKI Jakarta dalam Mewujudkan Good Governance

Itulah beberapa alasan pentingnya review dokumen perusahaan bagi pemilik usaha atau bisnis. Jadi, mulai sekarang, rapikan administrasi dokumen Anda dan tinjau ulang sebelum menyebarkan atau memberikan kepada rekan bisnis.