E surat bersama dengan tanda tangan elektronik ibarat “Paket Double Combo” yang jika mungkin, jangan sampai tidak diaplikasikan dalam keseharian kerja.

E-Surat – Tahu nggak, sih, kalau ada satu hal yang nggak boleh kelewat dalam menulis surat? Yap! Tanda tangan. Tanda tangan ini sifatnya wajib, lho, pada suatu surat atau dokumen. Fungsinya tidak lain adalah untuk menunjukkan keaslian surat atau dokumen, sekaligus juga sebagai pembukti keaslian identitas si penulis atau lembaga yang mengeluarkan / berhubungan dengan isi surat tersebut.

Untuk dokumen penting atau surat resmi misalnya, dalam aturan KUHPerdata, yang diakui hanyalah surat yang bertanda tangan sebagai sarana pembuktian dalam peruntukannya. Identitas surat ini menjadi jelas karena diketahui siapa pembuatnya. Sehingga jika ditemukan kejanggalan pada isi surat atau dokumen itu dikemudian harinya, maka kita bisa mengetahui siapa yang harus beratnggung jawab atas itu.

Beberapa yang lain menyebut surat bertanda tangan ini dengan istilah akta, dimana tentu saja akta ini harus punya tanda tangan, dong! Sehingga orang yang menandatanganinya terikat akan segala yang terkandung dalam surat tersebut.

Makin masifnya pemakaian aplikasi surat-menyurat atau E-surat beberapa waktu belakangan, baik di lingkungan perkantoran, lembaga negara, ataupun pendidikan, membuat kehadiran tanda tangan digital makin banyak dinikmati pula. E surat bersama dengan tanda tangan elektronik ibarat “Paket Double Combo” yang jika mungkin, jangan sampai tidak diaplikasikan dalam keseharian kerja.

Dengan menggunakan aplikasi surat menyurat yang telah terintegrasi dengan tanda tangan elektronik tersertifikasi, kamu bisa dengan mudah meningkatkan kinerja yang menyangkut soal keluar dan masuk surat, serta disposisi surat yang akan menghemat waktu dan alur birokrasi yang tidak perlu. Semua bisa diselesaikan secara daring (online) dengan praktis dan mudah. 

IntegraOffice Persuratan, solusi jitu masalah persuratanmu! Dipercaya oleh banyak perusahaan, kantor kementrian, instansi pendidikan dan organisasi lainnya. Beberapa instansi yang telah mempercayai jasa kami seperti PT Sarana Multigriya Finansial, PT. Rajawali Nusindo, PT SIER, Pemerintah Provinsi DKI, dan masih banyak lagi. 

Menggandeng IntegraOffice bersama dengan iOtentik sebagai penyelenggara sertifikat digital resmi di Indonesia. Sejak tahun 2019, Kemendikbud Ristek telah mengaplikasikan tanda tangan digital dalam kegiatan kerjanya. Begitu juga dengan PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF).

Ada beberapa tahapan yang sebelumnya perlu dilalui sebelum tanda tangan elektronik ini terintegrasi dan bisa langsung digunakan. Seperti pada PT SMF, misalnya. IntegraOffice melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan instalasi sistem, testing, development, sebelum mengintegrasikan aplikasi E-Office dengan tanda tangan elektronik yang dimilikinya. 

Uji kesesuaian atau testing dilakukan untuk mengetahui apakah proses integrasi yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan dan hasil akhir yang diinginkan. Keseluruhan proses hingga implementasi ini tidak memakan banyak waktu, karena hanya membutuhkan proses sinkronisasi hasil integrasi pada server development ke dalam server production. Dimana kesesuaian antara server production dan development menjadi kunci keberhasilan implementasi tanda tangan elektronik BSrE dengan aplikasi IntegraOffice Persuratan

Tenang saja, kamu nggak perlu ikut pusing memikirkan tahapan atau bagaimana caranya mengintegrasikan tanda tangan digitalmu ke aplikasi persuratan. Cukup percayakan semuanya pada tim terbaik kami saja! Kami akan mengerjakan seluruh sisanya, tidak lama pekerjaanmu dijamin akan terselesaikan lebih cepat dan mudah. Klik di sini!