5 Tips untuk Mengelola Dokumen Sistem yang Efektif

2023-09-20T15:47:08+07:00 September 14th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: |

integrasolusi.com – Di era digital seperti saat ini, pengelolaan dokumen sistem yang baik dan efektif sangatlah dibutuhkan. Hal ini dikarenakan dokumen sistem merupakan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan operasional dan kinerja sistem informasi. Manajemen dokumen sistem yang baik dapat membantu kinerja sistem informasi lebih efektif dan efisien. 

Dokumen sistem perlu dikelola dengan baik agar dapat digunakan dengan mudah dan cepat saat dibutuhkan. Bahkan di perusahaan teknologi yang inovatif, pengelolaan dokumen sistem merupakan hal mendasar yang diutamakan. Berikut tips mengelola dokumen sistem yang efektif:

1. Buat Daftar Dokumen Sistem

Tips mengelola dokumen sistem yang pertama yaitu membuat daftar dokumen sistem secara komprehensif. Buat daftar tentang panduan teknis, spesifikasi teknis, dokumen pengujian, dan dokumen  lain yang penting bagi perusahaan.

2. Klasifikasikan Dokumen Berdasarkan Kategorinya

Dalam upaya menjaga kerapian dokumen sistem dan memudahkan pencarian dokumen, maka dokumen perlu diklasifikasikan berdasarkan kategorinya. Buat struktur folder yang terorganisir dengan baik dan pisahkan tiap dokumen sesuai fungsi dan tujuan masing-masing. 

Dengan pengelolaan dokumen yang teratur ini, tim pengembang juga akan mudah menemukan dokumen yang mereka butuhkan jika diperlukan peningkatan atau pengembangan sistem.

Baca juga:  Ini Dia Cara Mengelola Dokumen yang Baik dan Benar

3. Simpan Dokumen Sistem di Tempat yang Aman

Simpan dokumen sistem di tempat yang aman dan berikan akses terbatas untuk dokumen-dokumen yang bersifat penting dan sensitif. Hal ini bertujuan agar rahasia perusahaan tetap terjaga dan kebocoran informasi dapat diminimalkan.

4. Buat Salinan Dokumen

Dalam pengelolaan manajemen dokumen sistem, buat salinan dokumen di tempat yang terpisah dari tempat penyimpanan utama. Hal ini untuk berjaga dari kemungkinan terjadinya bencana atau hal tidak terduga lainnya yang menyebabkan dokumen utama hilang atau tidak dapat diakses. 

5. Berbagi Dokumen Sistem secara Berkala

Berbagi dokumen sistem secara berkala juga penting untuk memelihara dan memperbarui dokumen yang relevan. 

Hal ini juga untuk memastikan bahwa semua pihak memiliki pemahaman yang sama tentang kemajuan proyek yang dijalankan, serta memungkinkan adanya masukan atau ide untuk pengembangan atau peningkatan proyek lebih lanjut.

Baca juga:  Ketahui Pentingnya untuk Mengelola Dokumen yang Efektif di Perkantoran

Demikian ulasan tentang tips mengelola dokumen sistem dalam aplikasi dokumen manajemen. Semoga bermanfaat