integrasolusi.com – Salam #sobatoffice ! semoga Anda semua sehat selalu ya ! Pasti sudah tahu semua kah kita pada situasi yang pandemi yang sangat luar biasa dampaknya pada segala aspek kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Nah bisa dibayangkan kan, perubahan yang sangat drastis ketika sebelum dan saat pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kita semua dituntut untuk bisa survive dan bangkit meski ditengah pandemi, caranya bagaimana? Karena sekarang ini banyak sekali anjuran dan kebijakan serta protokol kesehatan yang ketat, pasti dong semua aktivitas yang yang dulunya dilakukan secara tatap muka, sekarang mau tidak mau harus dilakukan secara online, dan otomatis akan terjadi transformasi digital yang naik secara signifikan.  Proses transformasi digital mengalami percepatan, seperti disebutka sebelumnya, para pegawai terpaksa harus bekerja dari rumah (WFH) dan pekerjaan harus selesai sesuai targetnya. Dan disaat inilah merupakan momen yang tepat untuk memutuskan melakukan transformasi digital agar dapat memudahkan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Lantas, bagaimana dengan tanun depan?

Bagi Anda semua yang pernah membaca artikel kami sebelumnya tentang “ IT Consulting dan Tren Teknologi di Tahun 2021” mungkin sudah ada gambaran bakal ada tren teknologi apa yang akan muncul di tahun 2021 mendatang. Dilansir dari sumber dan riset dari NTT Ltd, akan bakal muncul transformasi bisnis digital pada tahun 2021 mendatang, antara lain :

  1. Transformasi Digital yang Proaktif

Salah satu prediksinya adalah, transformasi digital sudah menjadi suatu tuntutan dan keharusan bagi perusahaan yang ingin maju bersaing. Transformasi digital akan menjadi sebuah perilaku dan budaya cara kerja, dimana semua orang akan dituntut untuk tetap bisa berpikir kreatif dan bisa beradaptasi dengan teknologi yang ada. Disini hubungan antara perusahaan dan klien, menjadi hubungan yang berkesinambungan dengan menjadikan data sebagai pusat dalam menanggapi kebutuhan klien maupun perusahaan itu sendiri.

 

  1. Pemanfaatan Sistem Cloud secara optimal

Dalam transformasi digital di masa mendatang, pemanfaatan sistem penyimpanan Cloud akan menjadi tren tersendiri. Masih dari hasil riset NTT Ltd, penggunaan Cloud publik akan tumbuh menjadi 30 persen yang sebelumnya hanya 24 persen. Sedangkan untuk sistem Cloud privat, diperkirakan akan tumbuh menjadi 23 persen dari yang sebelumnya hanya 19 persen.

  1. Otomatisasi Transformasi Bisnis

Masih erat kaitannya dengan tren transformasi digital di tahun 2021, otomatisasi akan menjadi hal utama dalam pengambilan keputusan dan perkembangan bisnis. Karena memang dengan otomatisasi akan mendapatkan banyak keuntungan bagi perusahaan, disisi lain karena lebih efektif dan efisien dalam aktivitasnya, juga mampu meningkatkan produktivitas dan inovasi bagi perusahaan yang berguna dalam memenangkan persaingan.

 

  1. Optimalisasi Infrastruktur Sebagai Penghasil Data

Di tahun 2021, diprediksi juga infrastruktur akan menjadi mesin penghasil dan penyaring data yang sangat berguna bagi perusahaan. Perusahaan dapat mengetahui habit atau kebiasaan dari klien atau mayoritas masyarakat dalam mencari dan memenuhi kebutuhannya, dan hal ini dapat dimanfaatkan perusahaan dalam inovasi produknya.

 

  1. Optimalisasi dari Cyber Security

Transformasi digital tentu saja akan dibarengi dengan transformasi kejahatan dalam hal teknologi informasi, dan tentu saja ini akan sangat-sangat dibutuhkan bagi semua orang dalam melindungi data-data digitalnya.  Solusi keamanan siber atau Cyber Security akan menjadi tek nologi yang akan muncul sebagai pelindung dari serangan penjahat siber dalam menemukan celah

 

Bagaimana? Apakah sudah ada gambaran tentang tren transformasi digital di tahun depan? Sudah siapkah Anda dan perusahaan Anda dalam menghadapi transformasi digital? Tak perlu risau dan khawatir lagi dalam menghadapinya, karena tim integraOffice siap membantu memberikan solusi yang inovatif.

Bagaimana  bisa?Buktikan sendiri! Dengan klik disini

 

 

 

 

 

Sumber: https://uzone.id/5-tren-transformasi-digital-yang-bakal-muncul-di-2021