integrasolusi.com –  Masalah keuangan tentunya sering dan umum kita hadapi dalam kehidupan kita sehari-hari, ada yang masalah ringan, sedang, bahkan sampai masalah keuangan yang berat. Namun berat ringannya masalah keuangan tergantung dari sisi siapa yang mengalaminya. Masalah keuangan tentu saja bisa menghampiri siapa saja,  baik yang masih single alias jomblo maupun yang sudah berumah tangga. Khusus yang sudah berumah tangga, tentunya pada awal-awal tahun pernikahan pasti mengalami masalah yang satu ini, ya tergantung dari berat ringannya masalah keuangan yang dihadapi dan kemampuan finansialnya,  terutama setelah kehadiran si kecil (anak) pasti akan membuat berpikir agar keuangan keluarga bisa cukup untuk sehari-harinya. Namun yang biasa menjadi pertanyaan di benak Anda dan pasangan, apakah masalah keuangan ini dasarnya dari pendapatan (keluarga) saja?

Ya yang pasti dan sering dialami adalah bukan pada penghasilan yang kurang, tetapi mayoritas karena kebiasaan yang salah dalam mengelola keuangannya. Mengapa bisa demikian? Ya karena semakin besar pula penghasilan tentu saja tidak akan bisa mencukupi kebutuhan kalau pengelolaan keuangannya tidak tepat dan salah sasaran, seperti contoh saja, seseorang dengan penghasilan puluhan dan bahkan ratusan juta rupiah, pasti akan shock kalau melihat uangya kurang dari 1 juta sebelum akhir bulan. Nah itulah mengapa manajemen keuangan sangat penting dan perlu dalam kehidupan kita sehari-harinya.

Untuk bisa mengelola keuangan yang baik, berikut ini ada sedikit tips sederhana yang bisa di implementasikan dalam keseharian Anda :

  1. Pahami betul portofolio keuangan Anda

Ini maksudnya, Anda harus tahu berapa sih kemampuan dan pengeluaran keuangan Anda. Misalnya: isi tabungan, pengeluaran harian, biaya kesehatan, cicilan dll. Dengan demikian Anda bisa mengetahui seberapa besar penghasilan Anda dan seberapa besar yang akan dikeluarkan.

  1. Susun rencana keuangan Anda

Rencana keuangan yang realistis membantu Anda bersikap obyektif soal pengeluaran yang berlebihan. Tak perlu terlalu ideal, yang penting, anggarkan jumlah yang realistis dan Anda pun harus patuh dengan anggaran tersebut.

  1. Pikirkan antara “butuh” dan dan “ingin”

Tak jarang kita membelanjakan uang untuk hal yang tak terlalu penting atau hanya didorong keinginan, bukan kebutuhan. Nah hal ini harus segera Anda ubah, jika ingin keuangan dikelola dengan baik, pastikan utamakan kebutuhan Anda daripada keinginan sesaat Anda

  1. Hindari hutang

Hutang memang bisa menimpa siapa saja, hanya karena untuk gaya hidup konsumtif. Untuk itu Anda bisa mengontrol dan bahkan kalau bisa menghindarinya, agar keuangan Anda bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Jangan konsumtif dan foya-foya

Ini sifat yang harus dihindari dan bahkan harus Anda buang jauh-jauh gaya hidup konsumtif ini. Ya karena bila terjadi terus-menerus yang rugi adalah Anda sendiri. Bagaimana mau keuangan Anda aman dan terkelola dengan baik, jika Anda masih sering berfoya-foya dan hidup konsumtif?

  1. Harus punya target dan cita-cita

Sebelum memulai semuanya, pastikan Anda sudah ada gambaran target dan cita-cita yang ingin di capai secara bertahap dengan uang yang Anda miliki. Tetapkan tujuan spesifik, realistis, terukur dan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan ini membantu Anda lebih fokus merancang keuangan

  1. Menabung

Saatnya menyadari, penghasilan dari jerih payah Anda bekerja harus bisa dinikmati di masa mendatang. Caranya ya dengan menabung. sisihkan gaji Anda untuk tabungan dalam jumlah yang telah Anda rencanakan sesuai tujuan atau cita-cita finansial keluarga Anda.

  1. Investasi

Selain menabung, agar keuangan kita tetap aman di masa mendatang, pastikan Anda melakukan investasi baik berupa keuangan atau dengan bentuk-bentuk lain yang sekarang banyak macamnya, seperti: tanah, ternak, bibit tanaman,dll.

Setelah membaca uraian di atas, apakah Anda sudah ada gambaran cara mengelola keuangan Anda? Atau bahkan Anda punya cara tersendiri dalam mengelolanya? Tentu saja ada, karena mengelola keuangan ada banyak cara dan tools yang digunakan, yang tentu saja tujuannya sama agar keuangan terkelola dengan baik. Ya seperti yang di sampaikan Pak Budi Witjak selaku Project Manager PT Integra Teknologi Solusi dalam materi sharing knowledge-nya, “ Siapa saja yang ingin dapat mengendalikan uang dalam hidupnya dan bukan uang yang mengendalikan hidupnya, merencanakan masa depan dan mewujudkan impiannya akan menjadi lebih miudah!”. Ujarnya.

Sekian dan semoga bermanfaat !

 

 

 

 

Sumber :
https://www.ayahbunda.co.id/keluarga-keuangan/cara-sederhana-mengelola-keuangan-keluarga