Sistem Informasi Surat: Pengertian, Manfaat, dan Kelebihannya

2023-06-22T16:29:09+07:00 October 6th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Perkembangan zaman mempercepat proses digitalisasi yang terjadi pada dunia perkantoran, khususnya administrasi surat menyurat. Alasan kepraktisan dan kemudahan mendorong banyak kalangan beralih ke sistem informasi surat. Yuk, pelajari apa pengertian, manfaat, dan kelebihan sistem persuratan ini.

Pengertian Sistem Informasi Surat

Sistem informasi surat adalah suatu sistem terintegrasi yang mendukung kinerja administrasi persuratan dalam sebuah organisasi. Biasanya, penerapan sistem ini dilakukan untuk memperlancar birokrasi perkantoran serta mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE.

Sistem informasi tersebut hadir dalam bentuk aplikasi mobile maupun berbasis web yang sudah terdigitalisasi. Berarti, sistem tersebut bisa diakses kapan pun tanpa terikat waktu dan tempat. Ini berbeda dengan sistem komputerisasi yang mengharuskan penggunanya untuk memakai satu perangkat dalam jaringan intranet.

 

Manfaat Menggunakan Sistem Persuratan

Lalu, apa saja manfaat menerapkan sistem persuratan dalam mendukung kinerja sebuah organisasi?

  • Menghemat waktu dan tenaga karena semua proses administrasi sudah tercatat dalam sistem. Tidak perlu lagi repot mengirim file dengan cara manual untuk berkolaborasi draft surat bersama. 
  • Sewaktu-waktu Anda pun bisa menelusuri kembali riwayat surat menyurat dengan mudah, tanpa khawatir surat hilang atau terselip.
  • Menghemat biaya operasional, khususnya terkait pemakaian kertas, mencetak surat, dan mengirimkan surat. 
  • Mempermudah proses koordinasi dan disposisi tugas. Tidak ada lagi informasi yang terlewat karena lupa meneruskan surat pemberitahuan penting.
  • Meningkatkan produktivitas kerja karena waktu Anda tidak terbuang sia-sia hanya untuk membuat dan mengurus administrasi persuratan.

 

Kelebihan Sistem Persuratan 

Sekarang Anda bisa mengandalkan integraOffice sebagai sistem informasi surat dengan kelebihan berikut. 

  • Mudah membuat surat masuk karena bisa dilakukan langsung pada aplikasi. 
  • Mudah mendisposisikan surat. Begitu surat masuk diterima, Anda dapat mendisposisikan surat langsung ke rekan kerja saat itu juga.
  • Mudah menelusuri surat. Setiap surat dapat dilacak riwayat pembuatan, revisi, dan persetujuannya. Status surat bisa diketahui secara jelas dan real time saat itu juga.
  • Mudah membuat draft surat. Selain bisa dilakukan langsung pada aplikasi, Anda juga dapat berkolaborasi dalam pembuatan draft surat. Tidak ada lagi pengiriman draft manual bolak-balik yang berisiko pada duplikasi penomoran surat.
Baca juga:  Tips Menyusun SOP E-Office Persuratan yang Efektif

 

Sistem informasi surat integraOffice hadir sebagai solusi terbaik sistem persuratan di perkantoran. Aplikasi persuratan membantu Anda mengelola administrasi surat menyurat secara efektif dan efisien.

Sudah banyak instansi pemerintahan, perusahaan, perguruan tinggi, dan pelaku usaha lainnya yang memakai aplikasi integraOffice di kantornya. Ayo, beralih ke aplikasi surat integraOffice dan nikmati kemudahannya sekarang!