Absensi Online: Hikmah dari Sebuah Pandemi

2021-06-11T16:52:55+00:00

integraOffice Absensi – Tidak diragukan lagi, pandemi mengubah segalanya. Khususnya dalam ranah profesional di perusahaan/instansi tempat Anda bekerja. Perubahan yang sangat signifikan tentu saja adalah penerapan sistem kerja remote atau yang lebih populer dikenal work from home (WFH) yang sempat atau bahkan masih dilakukan oleh beberapa instansi. Sistem kerja yang seperti ini membawa konsekuensi pada sistem absensi yang dituntut untuk bisa menyesuaikan kondisi saat ini. Maka dari itu, sistem absensi online atau absensi digital menjadi populer dan banyak diminati.

Mari kita kilas balik sedikit ke tahun lalu ketika angka Covid-19 di Indonesia sedang tinggi-tingginya. Kerja di era pandemi jadi serba dibatasi. Tapi perusahaan dituntut untuk tetap berjalan dan berinovasi. Adanya peraturan WFH serta pembatasan jumlah karyawan dalam kegiatan perkantoran membuat pelaku bisnis dan instansi putar otak. Bagaimana tidak, sistem absensi yang selama ini diterapkan tidak bisa sepenuhnya melacak absensi karyawan yang sedang WFH. Satu-satunya cara adalah dengan menerapkan sistem absensi online atau absensi digital.

Dari sudut pandang para karyawan, tentunya aturan WFH ini disambut dengan suka cita. Siapa yang tidak senang bisa bekerja sambil berkumpul bersama keluarga di rumah yang aman dan nyaman serta jauh dari jangkauan sebaran virus di luar sana. Tapi lain lagi bagi para atasan di instansi Anda. Membiarkan para karyawannya bekerja di luar kantor tanpa bisa memantau secara langsung membawa kecemasan tersendiri. Keraguan akan menurunnya performa perusahaan, rentannya terjadi mikomunikasi, hingga ketakutan akan adanya karyawan yang bandel atau curang melatarbelakangi keputusan untuk menerapkan absensi online.

Absensi online ini pada dasarnya adalah sebuah absensi online berbasis web maupun mobile application yang bisa diakses penggunanya kapanpun dan dimanapun. Gampangnya, ini adalah aplikasi e-absensi yang bisa di-install di smartphone sebagai pengganti absensi konvensional. Karena para karyawan tidak bisa hadir di kantor, maka setiap karyawan diwajibkan untuk absensi kehadiran melalui aplikasi e-absensi ini. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Aplikasi e-absensi ini dilengkapi fitur face recognition. Jadi Anda tinggal mengunggah foto selfie Anda melalui aplikasi ini sebagai tanda kehadiran dalam satu hari kerja. Kalau biasanya di kantor Anda menggunakan alat fingerprint atau face detector, pada aplikasi e-absensi ini Anda tinggal memanfaatkan kamera di smartphone masing-masing. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur GPS location yang memungkinkan pihak manajemen atau atasan Anda mengetahui lokasi di mana Anda berada saat jam kerja. Tak lupa juga adanya fitur rekap absen otomatis yang tentunya akan semakin memudahkan manajemen mendapatkan data absensi yang lengkap dan valid.

Inilah yang selama ini diterapkan tim Integra Teknologi Solusi selama masa pandemi, yaitu dengan menggunakan aplikasi e-absensi (iOA). Awalnya, aplikasi ini hanya ditujukan untuk pihak internal Integra saja. Tapi ternyata aplikasi ini terbukti sangat membantu pihak manajemen maupun karyawan dalam menjalankan tugasnya selama WFH. Terbukti banyak juga instansi lainnya yang pada akhirnya ikut menggunakan aplikasi e-absensi (iOA) buatan Integra Teknologi Solusi ini.

Pada akhirnya, keberadaan absensi online ini membawa dampak positif yang besar. Ibaratnya, absensi online ini adalah hikmah dari pandemi bagi instansi dan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Baik untuk pihak manajemen maupun para karyawan sama-sama mendapatkan manfaat masing-masing. Semuanya masih bisa menjalankan tanggung jawabnya meski ditekan oleh kondisi yang serba tak pasti. Semuanya juga bersama-sama beradaptasi dengan sistem kerja yang baru ini meski terhalang jarak satu sama lain. Dengan sistem absensi online ini, para karyawan bisa menikmati kenyamanan saat WFH tanpa mengurangi performa kerjanya. Tidak bisa dipungkiri, WFH saat pandemi ini adalah momen langka yang bisa kita nikmati bersama. Sebaliknya, dengan absensi online ini pihak manajemen juga tidak perlu cemas akan kinerja karyawannya.

Entah sistem absensi online ini hanya akan sangat berguna di kondisi pandemi saat ini saja atau tidak. Tapi, jika memang ternyata semua pihak bisa beradaptasi dan menuai manfaat yang besar, tidak menutup kemungkinan absensi online semacam aplikasi e-absensi (iOA) ini akan terus dibutuhkan meski pandemi telah berakhir. Lagi pula, sistem absensi online ini juga merupakan bentuk transformasi digital yang mestinya harus mulai diterapkan oleh semua instansi kalau mau berkembang menjadi lebih baik.

Instansi Anda sudah mencoba aplikasi e-absensi belum? Kalau belum, mungkin sekarang saatnya instansi Anda juga mendapatkan kemudahan dan manfaat yang luar biasa ini. Konsultasikan sekarang juga bersama kami Klik Disini

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp