Communication – Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan kita dalam berkomunikasi ini sangat menentukan keberhasilan dan kelancaran dalam kehidupan bersosial. Kemampuan komunikasi tidak hanya sekedar kemampuan dalam berbicara dengan lancar saja, namun juga kemampuan dalam menyampaikan pesan kepada seseorang, dan kemampuan dalam memahami pesan yang disampaikan oleh seseorang. Maka dari itu komunikasi juga memiliki peran penting dalam kelancaran aktivitas kerja.

Dalam dunia kerja, komunikasi yang tidak lancar sering kali menimbulkan berbagai masalah. Bahkan sebagian besar masalah bisa dikatakan sebabnya adalah komunikasi yang tidak lancar. Masalah seperti salah paham, adanya kesalahan dalam menjalankan prosedur kerja, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh kecil banyaknya masalah yang disebabkan oleh komunikasi yang tidak tepat. Oleh karena penting bagi masing-masing kita untuk memperhatikan aspek komunikasi  dalam bekerja dan memastikannya berjalan dengan tepat. Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa alasan penting mengapa kita harus menjaga komunikasi dalam bekerja.

  1. Meningkatkan Team Building

Pada dasarnya membangun tim secara efektif didasari oleh bagaimana anggota tim berkomunikasi dan bekerja sama. Dengan menerapkan startegi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi, kamu dapat membantu tim menjadi lebih efektif. Dan hal ini akan berdampak pada kepuasan karyawan dan perusahaan itu sendiri.

 

  1. Mempermudah Dalam Penerapan Aturan

Komunikasi dalam dunia kerja berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki aturan masing- masing dan berfungsi untuk mencapai suatu tujuan bersama. Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja, sedangkan peran komunikasi akan digunakan oleh atasan untuk menyampaikan peraturan tersebut kepada karyawannya.

 

  1. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Keputusan dalam suatu perusahaan diputuskan oleh seorang pemimpin. Keputusan diambil setelah dikomunikasikan terlebih dahulu melalui rapat yang dihadiri oleh petinggi perusahaan dan karyawannya. Komunikasi dalam dunia kerja yang baik akan dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan berupa tanggapan dari peserta rapat atas keputusan yang akan diambil.

 

  1. Meningkatkan Motivasi

Motivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini berkaitan dengan komunikasi. Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan unsur penting untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja. Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Dan komunikasi yang buruk juga dapat berdampak pada motivasi kerja seseorang, serta menimbulkan konflik dalam perusahaan.

 

Dari beberapa alasan tersebut, komunikasi yang baik dalam lingkungan kerja akan memberikan dampak positif yang luarbiasa bagi kinerja organisasi. Sehingga tidak hanya peningkatan kinerja saja yang meningkat, tetapi suasana kerjapun menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

 

Sumber

 

https://www.enervon.co.id/article/447/ini-8-alasan-pentingnya-komunikasi-dalam-dunia-kerja/#:~:text=Dalam%20dunia%20kerja%2C%20komunikasi%20merupakan,serta%20menimbulkan%20konflik%20dalam%20perusahaan.