Apa Itu Rencana Strategis TI (RSTI)? Apa Manfaatnya Bagi Perusahaan?

2024-01-04T09:35:30+07:00 January 11th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , |

integrasolusi.com – Perusahaan harus memiliki Rencana strategis Teknologi Informasi atau RSTI untuk mampu bertahan dan bersaing di lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Dengan menerapkan perencanaan strategi di bidang Teknologi Informasi secara optimal, manajemen akan bekerja dengan lebih efektif dan efisiensi pengelolaan informasi meningkat.

Apa itu Rencana Strategis TI (RSTI)? Apa tujuan dan manfaatnya untuk bisnis Anda? Simak terus pembahasannya di bawah.

Pengertian Rencana strategis Teknologi Informasi (RSTI)

RSTI adalah proses untuk memformulasikan strategi yang jelas dalam pengelolaan sistem teknologi informasi dengan melihat berbagai aspek. Aspek-aspek ini meliputi arah dan tujuan bisnis yang hendak dicapai, perkembangan teknologi global, kebutuhan aplikasi dan infrastruktur, finansial, sumber daya manusia, dan aspek lainnya.

Dengan RSTI, perusahaan diharapkan mampu secara objektif memahami kondisi internal dan eksternal secara menyeluruh, serta mampu bersaing di tengah perubahan lingkungan bisnis. Fokus utama RSTI adalah menggunakan teknologi secara tepat agar mampu mendorong pertumbuhan perusahaan.

 

Baca juga: Apa itu IT Master Plan dan Mengapa Perusahaan Wajib Punya?

 

Tujuan dan Manfaat RSTI

Tujuan utama penerapan Rencana strategis Teknologi Informasi adalah:

  • Mengoptimalkan seluruh proses pengelolaan informasi supaya efisiensi dan efektivitas kerja meningkat.
  • Memastikan aset teknologi informasi mampu meningkatkan profit perusahaan.
  • Memenuhi kebutuhan informasi dalam hal pengambilan keputusan dengan meningkatkan kinerja manajemen.
  • Mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis agar memiliki daya saing yang tinggi.

Untuk menghasilkan Rencana strategis Teknologi Informasi yang baik, perusahaan harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Sistem informasi.
  • Teknologi informasi.
  • Manajemen informasi.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Rencana Strategis IT/TI yang Efektif?

Baca juga:  Bagaimana Aplikasi Dokumen Manajemen Bisa Mendukung Standarisasi ISO?

 

Mengenal TOGAF Framework

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan untuk mencapai RSTI yang baik adalah dengan TOGAF. Pertama kali dirilis pada tahun 1996, TOGAF menjadi framework populer dalam hal pengembangan arsitektur TI dan telah dipakai di seluruh dunia dan diunduh lebih dari 100.000 kali. 

Selain mampu mengharmonisasikan informasi teknologi dan bisnis, TOGAF bersifat open source. Ini berarti TOGAF tidak tergantung dari vendor atau teknologi yang dipakai. TOGAF memiliki beberapa pilar, yakni Business Architecture, Data Architecture, Applications Architecture, dan Technology Architecture.

Nah, sudah tahu kan apa itu Rencana strategis Teknologi Informasi atau RSTI dan pentingnya bagi perusahaan? Anda bisa menggunakan TOGAF Framework untuk mengembangkan arsitektur teknologi informasi perusahaan Anda.