Apa Itu Surat Bisnis? Yuk, Cari Tahu Definisi, Jenis, dan Strukturnya di Sini!

2023-07-06T10:55:33+07:00 July 5th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Surat bisnis adalah salah satu metode komunikasi tertulis yang sering dilakukan dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan surat, perusahaan (ataupun individu) bisa menyampaikan pesan yang ingin disampaikannya melalui cara yang lebih profesional. 

Nah, jika Anda ingin tahu apa saja jenis surat bisnis yang biasanya dibuat dan bagaimana struktur surat bisnis, artikel berikut akan memberikan informasinya untuk Anda. 

Apa Itu Surat Bisnis?

Surat bisnis atau yang bisa disebut sebagai surat niaga adalah jenis surat yang berfungsi sebagai alat komunikasi tertulis untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Biasanya, surat bisnis ditulis oleh satu perusahaan dan ditujukan ke perusahaan lain, investor, stakeholder, atau klien. Surat ini juga bisa dibuat oleh satu individu untuk individu lainnya untuk berbagai kebutuhan. 

Tujuan penulisan surat bisnis beragam, mulai dari pemberian informasi/pernyataan, pengajuan pertanyaan, kesepakatan, undangan, dll.

 

Jenis-Jenis Surat Bisnis

Secara umum, ada dua jenis surat bisnis yang umum dibuat, yaitu surat bisnis formal dan surat bisnis informal. 

Surat bisnis formal

Surat bisnis formal merupakan jenis surat bisnis yang dibuat dengan tujuan yang bersifat formal.

Dalam ranah bisnis, surat seperti ini biasanya dibuat ketika Anda ingin membuat perjanjian dengan investor, penyelesaian perselisihan dengan perusahaan lain, maupun memberikan penawaran kepada klien.

Karena sifatnya yang formal, maka Anda perlu membuat surat ini dengan bahasa yang formal juga. Penggunaan kop surat pun juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Selain itu, biasanya surat bisnis formal dikirimkan melalui pos tercatat.

Baca juga:  Cara Tercepat Termudah Kirim Surat dan Disposisi, DIJAMIN!

Surat bisnis informal

Surat bisnis informal merupakan jenis surat bisnis yang dibuat dalam rangka memberikan referensi kerja, ucapan terima kasih, serta memberikan penilaian karyawan.

Meski bisa dibuat dengan lebih santai, Anda tetap harus memperhatikan gaya bahasa yang digunakan dalam surat ini. 

Unsur pembeda lainnya adalah bagaimana surat ini akan dikirimkan. Surat bisnis informal bisa dikirimkan melalui email—tidak seperti surat bisnis formal yang perlu dikirimkan melalui pos tercatat.

 

Struktur Surat Bisnis

Seperti apa struktur surat bisnis? Berikut ini adalah bagian-bagian yang perlu ada dalam surat bisnis. 

  1. Kop surat. Dalam kop surat, Anda bisa menjumpai nama dan logo perusahaan, alamat bisnis, nomor telepon, alamat email, dll.
  2. Tanggal penulisan surat
  3. Nama dan alamat penerima surat
  4. Salam pembuka
  5. Isi surat
  6. Penutup
  7. Nama dan tangan pengirim surat

Itulah penjelasan mengenai surat bisnis, jenis-jenisnya, dan struktur surat bisnis. Sebagai simpulan, surat bisnis merupakan alat komunikasi tertulis yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan dalam bisnis—mulai dari memberikan informasi, mengajukan pertanyaan, memberikan referensi kerja, dsb.