Tanda tangan elektronik atau TTE menjadi kebutuhan yang tidak terbantahkan di era digital ini. Makin banyak perusahaan yang menggunakan sistem persuratan online di Indonesia membuat TTE jadi solusi terbaik, cepat, akurat, dan aman untuk menandatangani berbagai dokumen penting. 

Apa Itu Tanda Tangan Elektronik?

Apa Itu Tanda Tangan Elektronik

Source: unsplash.com

TTE atau tanda tangan digital, merupakan tanda tangan yang dipakai sebagai alat autentikasi dan verifikasi secara digital lewat sertifikat elektronik yang dikeluarkan oleh PSrE (Penyelenggara Sertifikat Elektronik). PSrE terkait juga harus mendapatkan pengakuan dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Apa Perbedaan Tangan Tangan Elektronik Certified dan Non-Certified?

Apa Perbedaan Tangan Tangan Elektronik Certified dan Non-Certified

Source: unsplash.com

  • Dari segi legalitasnya. TTE Certified memiliki kekuatan hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sementara TTE Non-certified keabsahannya tergantung pada kebijakan masing-masing lembaga yang menggunakannya. Misalnya saja TTE yang dipakai oleh perusahaan secara internal
  • Dari proses validasi. Karena legal, proses validasi TTE Certified cenderung lebih panjang dan berjenjang serta membutuhkan informasi detail dari orang yang menandatanganinya. Ini demi menjamin keabsahan tanda tangan dan mencegah penyalahgunaan. Karena hanya dipakai oleh kalangan terbatas, TTE Non-certified tidak memerlukan validasi bertingkat
  • Dari lembaga yang mengeluarkannya. TTE Certified diterbitkan oleh PSrE yang sudah memperoleh izin dan diakui oleh pemerintah, sedangkan Non-certified dibuat oleh tim internal (misalnya staf IT di sebuah perusahaan)
  • Keamanan dokumen. Dokumen atau surat yang ditandatangani dengan TTE Certified memiliki segel atau kunci untuk mencegah adanya upaya pengubahan isi dokumen oleh pihak yang tidak berkepentingan. Sebaliknya, TTE Non-certified tidak memiliki pelindung apa pun sehingga sulit dilacak jika ada perubahan di dalamnya.

Jasa Penyedia TTE Certified di Indonesia

Jasa Penyedia Tanda Tangan Elektronik Certified di Indonesia

Source: bssn.go.id

Ada beberapa pihak atau perusahaan yang secara resmi memperoleh izin untuk menyelenggarakan TTE elektronik. Pemerintah, misalnya, memiliki BSSN dan BPPT. Sementara dari kalangan swasta ada Privyid dan iOTENTIK.

Integrasi Tanda Tangan Elektronik pada integraOffice Persuratan

Integrasi Tanda Tangan Elektronik pada integraOffice Persuratan

Source: unsplash.com

Sebagai penyedia layanan sistem persuratan online di Indonesia, integraOffice berusaha memberikan fitur terbaik demi memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Salah satunya adalah dengan menyediakan integrasi TTE Certified.

Adanya TTE Certified memungkinkan Anda melakukan penandatanganan dokumen maupun surat digital dengan cepat, mudah, dan aman. Jangan tunggu lagi, rasakan kemudahan pengelolaan surat dan disposisi surat hingga tanda tangan berkas bersama integraOffice Persuratan. Hubungi kami di sini dan diskusikan kebutuhan Anda pada kami.