Aplikasi Flow Dokumen: Fitur Utama Aplikasi Flow Dokumen

2024-01-04T11:04:53+07:00 August 31st, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Melakukan pemantauan alur kerja dokumen tidak mudah bila dikerjakan secara manual. Selain akan banyak yang terlewat, cara ini sudah ketinggalan zaman. Di era digital, kita membutuhkan solusi yang lebih efektif dan efisien.

Untuk itu, kita membutuhkan aplikasi flow dokumen. Aplikasi ini berupa alat otomatisasi untuk pembuatan dan distribusi dokumen.

Fitur-fitur untuk Aplikasi Alur Kerja Dokumen

Aplikasi ini setidaknya mempunyai tiga (3) fungsi utama, yaitu:

  1. Untuk memantau alur kerja dokumen.
  2. Untuk mengedit kolaboratif alur dokumen.
  3. Untuk mengelola versi alur dokumen.

Jadi, sejak langkah pertama hingga akhir proses, alur kerja dokumen perusahaan tertata secara rapi. Ini termasuk sistem notifikasi dan pengingat untuk memastikan tugas dikerjakan tepat waktu.

Termasuk untuk pengeditan kolaboratif alur dokumen, pastikan ada fitur-fitur ini untuk aplikasi tersebut:

Diagram alur dokumen

Fitur ini berfungsi untuk menelusuri setiap bagian dari proses yang ada. Ini berlaku juga untuk proses pencatatan dan penyimpanan.

Baca juga:  Meningkatkan Kolaborasi dan Produktivitas: Transformasi Bisnis dengan Aplikasi Flow Dokumen Terbaik

Bagan alur proses

Fitur ini berfungsi sebagai proyektor rekayasa industrial analisa, sekaligus perincian tahapan dari prosedur atau sistem.

Diagram alur program

Fitur ini masih terbagi ke dalam dua (2) jenis, yaitu: logika program serta program komputer terperinci. Fitur ini berfungsi memberikan gambaran terperinci atas prosedur pembuatan sebuah program.

Bagan alur skematik

Selintas, bagan ini mirip dengan diagram alur sistem. Bedanya, bagan ini menggunakan simbol sebagai tampilan prosedur dalam program. Agar lebih mudah dipahami oleh orang awam, bagan alur skematik kadang juga menggunakan gambar komputer maupun perangkat lainnya.

Bagan alur sistem

Selintas, bagan ini juga mirip dengan bagan alur skematik. Bedanya, bagan ini tidak menggunakan simbol atau gambar dalam menjelaskan isinya. Makanya, bagi orang awam, memahami bagan alur sistem bukan perkara mudah. 

Fungsi bagan alur sistem adalah sebagai tampilan keseluruhan proses yang tengah berlangsung dalam suatu program.

Diagram atau bagan alur sistem juga menjelaskan urutan prosedur dalam sebuah program. Contoh: software ERP yang beralur sistem cukup banyak.

Baca juga:  Aplikasi Flow Dokumen: Studi Kasus Keberhasilan PT AMS Menerapkan Alat Kolaborasi Dokumen

Aplikasi flow dokumen ini juga dapat menerima tandatangan elektronik untuk persetujuan dokumen. Integrasi dengan sistem penyimpanan cloud untuk kemudahan akses juga kelebihan aplikasi ini.

 

Sumber:
https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-flowchart/
https://mekari.com/blog/flowchart/#1_Diagram_Alur_Dokumen
https://www.dicoding.com/blog/flowchart-adalah/