Aplikasi Manajemen Surat, Solusi Praktis dan Mudah untuk Persuratan Perusahaan

2023-06-06T09:34:57+07:00 October 18th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Sistem persuratan konvensional kerap menimbulkan kendala dalam proses pembuatan sampai dengan distribusinya. Untuk mengatasi kendala tersebut pun harus melibatkan staf khusus di perusahaan dan membutuhkan waktu lama. Karena itu, sudah saatnya perusahaan menggunakan aplikasi manajemen persuratan.

Apa Itu Aplikasi Manajemen Surat?

Aplikasi manajemen surat adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mengelola administrasi kesekretariatan, salah satunya surat-menyurat. Aplikasi ini memudahkan proses persuratan, mulai dari pembuatan surat, pencatatan surat keluar masuk, disposisi, hingga pengiriman. 

Aplikasi persuratan juga menyediakan fitur penyimpanan digital. Dengan adanya fitur ini, perusahaan bisa mengurangi pemakaian kertas untuk mencetak surat. Selain itu, pengguna lebih mudah melacak progres surat. Pencarian arsip surat pun lebih cepat karena sistem memiliki pengaturan penomoran otomatis.

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Manajemen Surat

Aplikasi persuratan dirancang praktis dan mudah dioperasikan oleh pengguna. Tampilan aplikasi dibuat userfriendly sehingga pengguna cepat menguasai fitur-fitur di dalamnya. Di samping itu, aplikasi dapat dioperasikan kapan saja dari berbagai lokasi maupun perangkat.

Adanya aplikasi persuratan, pengguna bisa mengirim surat secara real time. Begitu pun dengan disposisi yang biasanya membutuhkan waktu berhari-hari, kini dapat terkirim dalam waktu sekejap saja. Pasalnya, proses disposisi dari atasan dilakukan secara online.  

Berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi tersebut ternyata menghemat biaya administrasi di perusahaan. Hal itu karena Anda tidak perlu menyediakan ruang khusus untuk menyimpan arsip surat ataupun membeli banyak kertas.

Tidak hanya itu, draf surat dapat diproses secara bersamaan melalui aplikasi persuratan. Jika ada revisi, bisa langsung dilihat oleh staf terkait. Selain itu, proses persetujuan dilakukan otomatis sehingga lebih efektif. 

Baca juga:  Apa Itu Surat Korespondensi: Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Pembuatannya

 

Kesimpulan

Aplikasi persuratan atau manajemen surat memberikan dampak positif bagi administrasi perusahaan. Tak hanya merapikan dokumen, tetapi juga membuat pekerjaan lebih efisien dan cepat selesai. Karena itu, Anda harus menggunakan aplikasi persuratan terbaik, seperti integraOffice.

integraOffice memiliki fitur unggulan monitoring surat dan disposisi, penomoran otomatis, dan tersedia dalam aplikasi mobile. Anda juga bisa menerima notifikasi surat melalui mobile apps maupun Email. Di samping itu, aplikasi dilengkapi fitur pengaturan hak akses sehingga privasi lebih terjaga.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk berlangganan aplikasi manajemen surat integraOffice. Cek informasi selengkapnya hanya di website resmi integraOffice.