Aplikasi “Poso Meole” Upaya Pemda Poso Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

2023-05-26T09:33:51+07:00

integraolusi.com  – Transformasi digital yang sedang menggema sekarang, mempunyai pengaruh yang sangat besar pada perubahan budaya dan aktivitas kita sehari-hari di segala sektor. Salah satunya adalah sektor pemerintahan, dimana instansi pemerintahan dituntut untuk bisa maju bersaing, kompeten kinerjanya dan meningkatkan kualitas layanan kepada publik sebagai salah satu tujuan utamanya. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya era keterbukaan informasi dan peningkatan layanan informasi publik bagi lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Karena hal itulah, dalam meningkatkan kualitas layanan kepada public dan ikut mendukung keterukaan informasi. Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Komunikasi dan Persandian (Diskiminfo) Kabupaten Poso mengembangkan sebuah aplikasi yang bersifat interaktif  dan dapat digunakan oleh masyarakat Kabupaten Poso sebagai sarana pelaporan  dan penyampaian informasi  yang mudah diakses melalui internet. Aplikasi tersebut diberi nama aplikasi “Poso Meole”.

Poso Meole dalam Bahasa Pamona secara harfiah berarti “melihat dari atas” yang mana dengan penamaan ini diharapkan aplikasi Poso Meole bisa menjadi “mata” bagi masyarakat Kabupaten Poso dalam artian pandangan yang luas dalam upaya mendukung transparansi pemerintah di era keterbukaan informasi seperti saat ini. Aplikais Poso Meole dirancang sebagai sistem pelaporan peristiwa berbasis gambar dan lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat karena sudah mendukung versi mobile untuk menyalurkan kritik, saran, atau bahkan aspirasi terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Dalam prosesnya, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupten Poso mempercayakan pengembangan aplikasi Meole kepada PT Integra Teknologi Solusi sebagai salah satu perusahaan IT yang cukup  berpengalaman dalam memberikan solusi IT yang inovatif di beberapa kementerian dan BUMN serta Pemerintah Daerah. Selain itu juga dilatarbelakangi atas pengalaman PT Integra Teknologi Solusi dalam pengembangan berbagai platform aplikasi baik berbasis web ataupun mobile application yang salah satunya adalah aplikasi helpdesk di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi Meole sendiri murupakan bagian dari aplikasi helpdesk di mana masyarakat dapat berkumunikasi dua arah terhadap setiap laporan peristiwa yang dilaporkan oleh masyarakat.

Baca juga:  New Normal : Digitalisasi Absensi Dengan Absensi Online

Selama proses pengembangan, pihak pengembang melakukan komunikasi intensif dengan pihak Diskominfo agar setiap fitur yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan. PT Integra Teknologi Solusi selaku konsultan IT selalu memberikan layanan prima dan memberikian support penuh agar setiap produk yang dihasilkan mampu memuaskan harapan dari klien. Selain itu, PT Integra Teknologi Solusi juga memberikan support pasca pengembangan sebagai tanggung jawab moral jika ditemukan bug-bug yang mengganggu terhadap jalannya aplikasi.

Sehingg nantinya dengan adanya aplikasi Poso Meole ini, masyarakat Kabupaten Poso dapat menggunakan dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam proses penyampaian informasi yang ada di sekitarnya yang nantinya akan secara khusus ditanggapi oleh Dinas terkait di bidangnya. Selain itu pengembangan aplikasi Poso Meole ini sebagai wujud dari Pemda Poso dalam mendukung Good Governance dan terlaksananya keterbukaan informasi publik demi kelancaran pelaksanaan pembangunan daerah di Kabupaten Poso.

 

Ingin lebih detail informasi tentang aplikasi Helpdesk dan layanan IT lainnya?

Silakan kontak kami