Aplikasi Tanda Tangan Anti-Palsu untuk Menghindari Pemalsuan Tanda Tangan Dokter

2024-01-04T11:04:01+07:00 February 18th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Surat dokter merupakan salah satu dokumen yang mudah dipalsukan oleh karyawan. Meski begitu, pihak HR kesulitan dan tidak tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini, misalnya seperti bagaimana mengecek keaslian surat dokter tersebut. 

Tidak hanya perusahaan saja yang dirugikan. Dokter sebagai pihak yang mengeluarkan surat pun menjadi pihak yang rugi karena tanda tangannya dipalsu. Kira-kira, apakah ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini? 

Sulitnya Memastikan Keaslian Surat Dokter

Karyawan sakit dan minta izin tak lagi menjadi hal yang asing bagi HR di sebuah perusahaan. Ketika hal itu terjadi, peraturan perusahaan biasanya mengharuskan karyawan yang absen untuk menyerahkan surat dokter sebagai bukti penguat permohonan izin.

Sayang, kasus pemalsuan surat dokter karena karyawan pura-pura sakit tidak hanya satu-dua kali saja terjadi. Maka dari itu, HR perlu melakukan cross checking untuk mengetahui keaslian surat tersebut. 

Ada dua cara yang umum digunakan untuk mengecek keaslian surat dokter. Pertama, HR bisa melihat apakah ada cap basah di surat tersebut. Kedua, HR bisa langsung bertanya kepada klinik/rumah sakit tempat karyawan berobat.

Dua cara di atas mungkin terkesan feasible alias bisa dilakukan. Masalahnya, melakukan cross checking seperti ini bukanlah pekerjaan yang bisa cepat diselesaikan. Selain itu, ini akan mengganggu pekerjaan lain yang perlu diselesaikan. 

 

Hindari Pemalsuan Tanda Tangan Anda

Sebagai pihak yang menerbitkan surat keterangan sakit dan menandatanganinya, dokter tentunya memegang peranan penting dalam perizinan karyawan. Akan tetapi, bagaimana jika karyawan menggunakan nama dan memalsukan tanda tangan tanpa sepengetahuan Anda?

Baca juga:  inOffice Sipermen - Aplikasi Flow Dokumen Terbaik

Nah, agar pemalsuan tanda tangan tidak terjadi, Anda bisa menggunakan aplikasi tanda tangan anti palsu yang dikembangkan inOffice Persuratan

Aplikasi ini bisa menjadikan tanda tangan Anda sebagai tanda tangan QR code. Dengan begitu, tanda tangan Anda jadi tidak bisa dipalsukan.

Selain terhindar dari pemalsuan tanda tangan, pihak HR juga dapat mengecek keaslian surat dokter dengan lebih mudah. HR tidak perlu lagi melakukan cross checking sebagaimana yang disebutkan di atas.

 

Bagaimana Cara Mengecek Keaslian Tanda Tangan dalam Surat Dokter?

Jika surat dokter karyawan dilengkapi dengan tanda tangan QR Code, maka HR cukup mengecek keaslian tanda tangan dengan melakukan pemindaian kode tersebut. HR bisa melakukannya dengan menggunakan kamera ponsel.

Sebagai dokter, Anda tidak perlu khawatir tanda tangan dipalsukan lagi. Pasalnya, tanda tangan QR code palsu sangat mudah dikenali oleh sistem.

Saatnya kita menghentikan pemalsuan surat dokter melalui penggunaan aplikasi tanda tangan anti palsu. Selain bisa melindungi tanda tangan, HR juga bisa lebih mudah melakukan pengecekan keaslian surat tersebut.