Audit IT : Meningkatkan Kemampuan Penerapan dan Pengelolaan Layanan IT di Universitas PGRI Adi Buana

2023-05-23T20:00:23+07:00

integrasolusi.com – Seperti yang kita ketahui bersama, di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, penerapan dan penggunaan Teknologi Informasi yang tepat dan efektif adalah kebutuhan utama bagi organisasi yang ingin maju bersaing. Tidak bisa dipungkiri, organisasi/perusahaan yang ada di berbagai sektor tentunya akan membutuhkan hal itu pula, begitupun dengan sektor Pendidikan yang dalam hal ini adalah Perguruan Tinggi atau Universitas. Mengapa di institusi Perguruan Tinggi /Universitas juga perlu menerapkan Teknologi Informasi secara tepat dan efektif? Ya karena dalam aktivitas kesehariannya, dilingkungan Perguruan Tinggi/Universitas berhubungan langsung dengan berbagai macam aplikasi dan layanan digital sebagai sarana dalam memanajemen kampus dan juga untuk mendukung pengambilan keputusan bagi manajemen kampus dan memberikan pelayanan yang optimal bagi penggunanya, bisa para pejabat dan pengurus Universitas beserta para mahasiswanya.

Oleh karena itu penerapan dan penggunaan Teknologi Informasi yang ada di lingkungan Universitas harus dilakukan pemeriksaan secara berkala terkait tingkat penggunaan layanannya maupun tingkat keamanan datanya. Karena dengan pemeriksaan berkala penggunaan dan keamanan datanya, manajemen Universitas bisa mengetahui secara detail keadaan dan resiko-resiko yang dihadapi saat ini. Lantas bagaimana cara mengetahui ketidaksesuaian dalam penerapan Teknologi Informasi di institusi Universitas?mau tidak mau, pengelola Universitas harus melakukan Audit IT secara independen

Itu pula Langkah yang di ambil oleh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) yaitu dengan melakukan Audit IT secara independen. Karena dengan melakukan Audit IT, pihak UNIPA bisa memperoleh informasi tentang kesesuaian dalam penerapan dan penggunaan Teknologi Informasi yang ada, serta bisa mendapatkan rekomendasi tentang tata Kelola dalam pelayanan IT nya.

Dalam pelaksanaan Audit IT, auditor IT mengumpulkan semua data-data dan bukti-bukti yang dibutuhkan, dengan bebagai cara, bisa dengan wawancara, observasi, survey, review dokumentasi, dll. Selain itu biasanya juga auditor IT menyertakan bukti-bukti elektronik yang dibutuhkan, misalkan data transaksi, data pengiriman antar unit dll. Sedangkan tujuan diadakannya Audit IT ini sendiri adalah :

  1. Melakukan penilaian terhadap dukungan dan kemampuan penerapan serta pengelolaan layanan IT di lingjungan UNIPA
  2. Untuk mengetahui ketersediaan informasi yang ada, apakah di lingkungan UNIPA sendiri dapat menjamin ketersediaan dan kesiapan informasi yang dibutuhkan dengan mudah setiap saat.
  3. Menilai tingkat kesesuaian pengendalian resiko dalam pelaksanaan dan pengelolaan layanan IT terhadap jalannya aktivitas di lingkungan UNIPA
  4. Untuk mengetahui tingkat keamanan dan kerahasiaan informasi yang dihasilkan dari sistem IT yang ada di UNIPA,apakah hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang atau pihak yang mempunyai otorisasi
  5. Dari informasi dan data yang ada, apakah akurat, tepat waktu sesuai harapan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta memberikan rekomendasi perbaikan atas kelemahan pengelolaan layanan IT di lingkungan UNIPA.
Baca juga:  Praktis Tracking Surat dan Disposisi Dengan E-Office Mobile Application

Selain dari tujuan di atas, pelaksnaan Audit IT Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) juga mempunyai manfaat yang sangat penting bagi manajemen UNIPA, diantaranya adalah :

  1. Pihak mananajemen UNIPA dapat memperoleh informasi yang tepat dan detail mengenai kesesuaian penerapan dan pengelolaan layanan IT yang ada terhadap jalannya proses bisnis yang ada demi mewujudkan visi dan misi organisasi
  2. Membantu pihak UNIPA mendapatkan data-data yang nantinya dapat digunakan oleh manajemen UNIPA dan pihak lain yang berwenang yang melakukan pemeriksaan terhadap aktivitas dan proses layanan IT yang ada
  3. Pihak UNIPA mendapatkan rekomendasi tata kelola dan penerapan penggunaan layanan IT  yang komprehensif dan terpercaya  sebagai hasil dari penilaian dengan Standard ISO 27001, yang nantinya pihak UNIPA dapa mengoptimalkan penggunaan IT dalam memujudkan tujuan organisasi.

Demikian manfaat dan informasi akan pentingnya Audit IT di Universitas, yang kali ini pihak Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) sudah memgimplementasikannya dan mendapatkan manfaatnya.

Sudahkan organisasi Anda mengimplementasikan Audit IT?

Tertarik untuk mendapatkan informasinya, silakan kontak kami

Tim kami akan siap membantu Anda.