Di era perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat seperti saat ini, tentunya kita semua menyadari bahwa teknologi informasi telah memasuki semua aspek kehidupan pada semua lapisan masyarakat, terutama pada organisasi/perusahaan, karena dengan dukungan teknologi informasi tersebut membuat organisasi/perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif untuk bisa maju bersaing di era digital ini,

Seperti yang kita ketahui bersama, Selain itu saat ini banyak organisasi/perusahaan menghabiskan dana untuk investasi dibidang IT,yang bertujuan untuk menunjang operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien, namun banyak juga dari perusahaan yang melupakan ada aspek lain yang perlu diperhatikan, yaitu apakah organisasi/perusahaan dengan Divisi IT nya mampu memastikan teknologi informasi yang digunakan sudah berjalan optimal atau belum dan apakah sudah mampu memastikan keamanan data yang dimiliki? Terkadang, aspek keamanan informasi seringkali luput dari fokus bagian IT, padahal ini merupakan suatu hal yang amat penting, mengingat informasi atau data yang dimiliki oleh perusahaan adalah aset yang sangat berharga dan harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

Menyikapi hal tersebut di atas, maka dalam perkembangannya muncul Audit Teknologi Informasi atau biasa dikenal dengan IT Audit. Disini Audit TI sendiri adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh yang dimiliki oleh organisasi/perusahaan. Dalam prosesnya Audit TI ini dapat berjalan bersamaan  dengan audit internal dan audit finansial, bisa juga dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang sejenis. 

Pada awalnya Audit TI ini dikenal dengan audit pemrosesan data elektronik, namuin sesuai dengan perkembangannya, Audit TI secara umum adalah suatu proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi yang ada dalam organisasi/perusahaan dan hasil dari Audit TI ini dipakai untuk menentukan apakah aset sistem informasi yang ada sudah berjalan secara efektif, dan integratif dalam mencapai target organisasinya atau belum.

Pada pelaksanaan IT Audit ini sendiri, biasanya auditor TI  akan mengumpulkan bukti-bukti dan data yang sesuai serta memadai dengan berbagai macam teknik, seperti : survey, wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan berbagai pihak yang berkaitan dengan sistem informasi yang ada, baik itu pihak yang terkait IT maupun non IT sebagai pengguna sistem informasinya.

Dalam prosesnya Audit TI  ini menilai bagaimana menjaga aset organisasi, memelihara integritas data, menjaga kerahasiaan data dari sistem informasi yang digunakan. Mengenai hal tersebut, Audit Teknologi Informasi harus bisa memastikan apakah sistem informasi yang ada pada organisasi dapat memenuhi Availability, Confidentiality, dan Integrity dengan indikator, misalnya : 

  • Apakah sistem informasi bisa diakses setiap waktu
  • Apakah sistem informasi hanya bisa diakses oleh pengguna yang ter-otorisasi;
  • Apakah informasi yang ada selalu akurat, bisa dipertanggungjawabkan dan up to date.

Nah dari penjelasan singkat di atas, peranan Audit TI sangat penting bagi organisasi untuk bisa maju bersaing, karena dengan Audit TI ini  : 

  1. Dapat memberikan rekomendasi terhadap temuan yang muncul pada proses Audit TI. 
  2. Memberikan rekomendasi mengenai tindakan apa yang harus segera dilakukan 
  3. Mengawasi pelaksanaan rekomendasi tersebut.
  4. Memberikan jaminan kepada manajemen tentang kondisi yang ada pada organisasi. 
  5. Memberikan penilaian setelah melakukan dilaksanakannya proses audit

Bagaimana Sobat Office, sudah jelas bukan? Bahwa adanya Audit TI membuat organisasi bisa maju bersaing di era digital in, dan tentunya ke depan  masih ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam implementasi nya. Disini setiap pihak yang berkaitan harus sadar dan bisa bekerja sama dalam  pelaksanaannya, serta mencapai tujuan-tujuan dasar yang sudah ditentukan organisasi. 

 

Untuk menunjang itu, tim auditor PT Integra Teknologi Solusi senantiasa siap untuk membantu organisasi/perusahaan agar dapat melakukan implementasi TI dengan efektif dan efisien.

 

Jadi tunggu apalagi! Segera hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut !!

 

 

 

disadur dari sumber :
https://blog.gamatechno.com/mengenal-pentingnya-audit-teknologi-informasi
/https://itjen.pu.go.id/single_kolom/7
https://itgid.org/it-audit/