integrasolusi.com – Peran teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan memang begitu besar dalam menunjang kesuksesan organisasi. sehingga tak jarang organisasi menghabiskan banyak anggarannya untuk berinvestasi di bidang teknoloi dan informasi. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah peran teknologi dan informasi dalam organisasi sudah berjalan semestinya ? apakah keamanan sistem informasi telah cukup secure untuk melindungi aset informasi organisasi ?. Nah, untuk memastikan ini ada salah satu metode yang tepat digunakan adalah dengan melakukan Audit IT. Audit IT dilakukan untuk menjaga keamanan sistem informasi sebagai asset organisasi, untuk mempertahankan integritas informasi yang disimpan dan diolah dan tentu saja untuk meningkatkan keefektifan penggunaan teknologi informasi serta mendukung efisiensi dalam organisasi.
Audit IT adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Audit IT ini dapat berjalan bersama-sama dengan audit finansial dan audit internal, atau dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang sejenis. Pada mulanya istilah ini dikenal dengan audit pemrosesan data elektronik, dan sekarang audit IT secara umum merupakan proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi dalam perusahaan itu. Istilah lain dari audit teknologi informasi adalah audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan integratif dalam mencapai target organisasinya.
Dalam pelaksanaanya, auditor IT mengumpulkan bukti-bukti yang memadai melalui berbagai teknik termasuk survey, wawancara, observasi dan review dokumentasi. Satu hal yang unik, bukti-bukti audit yang diambil oleh auditor biasanya mencakup pula bukti elektronik. Biasanya, auditor IT menerapkan teknik audit berbantuan computer, disebut juga dengan CAAT (Computer Aided Auditing Technique). Teknik ini digunakan untuk menganalisa data, misalnya data transaksi penjualan, pembelian ,transaksi aktivitas persediaan, aktivitas nasabah, dan lain-lain.
Seara umum Audit IT memiliki 3 tujuan yaitu (1) Availability, ketersediaan informasi, apakah informasi pada perusahaan dapat menjamin ketersediaan informasi dapat dengan mudah tersedia setiap saat. (2) Confidentiality, kerahasiaan informasi, apakah informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi perusahaan hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang berhak dan memiliki otorisasi, dan (3) Integrity, apakah informasi yang tersedia akurat, handal, dan tepat waktu.
Apabila sistem informasi di dalam organisasi Anda telah memiliki 3 unsur penting diatas, maka bisa dikatakan sistem informasi dalam organisasi Anda sudah cukup baik. Jangan biarkan sistem informasi di dalam organisasi Anda berjalan tidak efektif begitu saja.
PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan yang juga bergerak dibidang Teknologi dan informasi akan senantiasa men support organisasi Anda untuk meningkatkan kualitas sistem informasi dalam organisasi Anda.

segera hubungi kami untuk berdiskusi dan berkonsultasi lebih dalam mengenai Audit IT !

 

 

 

Sumber :
https://itgid.org/audit-ti/