Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan QR Code?

2023-05-26T10:50:48+07:00 May 28th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Tanda tangan digital praktis sekaligus memudahkan validasi dokumen. Cara membuat tanda tangan digital pun sekarang cukup mudah karena programnya sudah tersedia. Bagaimana cara membuatnya dan mengapa perusahaan sebaiknya menggunakannya?  

Program untuk Membuat Tanda Tangan Digital Resmi

Program untuk membuat tanda tangan QR code sebenarnya sudah banyak. Akan tetapi, di Indonesia, ada tujuh program yang sudah diakui Kemenkominfo sebagai aplikasi penyelenggara sertifikasi elektronik.

Ketujuh program tersebut adalah:

  1. PERURI
  2. iOTENTIK
  3. Balai Sertifikasi Elektronik
  4. VIDA
  5. Digisign
  6. PrivyID
  7. TekenAja!

Ketujuh program ini membantu perusahaan dan instansi membuat tanda tangan digital yang telah tersertifikasi. Tidak seperti tanda tangan barcode biasa, tanda tangan tersertifikasi memiliki sistem enkripsi yang cocok untuk verifikasi resmi.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Virtual?

 

Langkah Pembuatan Tanda Tangan Digital

Cara membuat tanda tangan digital, baik yang berbentuk kode QR maupun terverifikasi, hampir sama.

Pastikan memilih software yang tepat untuk membuat tanda tangan. Misalnya, untuk tanda tangan digital tersertifikasi, pilih satu dari ketujuh program di atas. Untuk kode QR, pilih program pembuat kode QR yang memiliki pilihan QR signature.

Selanjutnya, daftarkan diri untuk membuat akun yang terlindungi dengan username dan kata kunci. Khusus untuk aplikasi tersertifikasi, biasanya ada proses verifikasi dengan identitas seperti KTP dan KK.

Kode QR yang dihasilkan akan tersedia dalam bentuk gambar PNG yang bisa dipasang di situs resmi, media sosial, dan sebagainya. Gambar inilah yang akan di-scan untuk proses verifikasi atau transaksi.

Baca juga:  integraOffice : Solusi Dalam Mencari Dokumen Surat Dengan Cepat dan Mudah

 

Baca juga: Membuat Tanda Tangan Elektronik Berbasis QR Code, Begini Caranya!

 

Tanda Tangan Digital untuk Keamanan Pengelolaan Dokumen

Membuat tanda tangan digital penting dalam pengelolaan dokumen, misalnya di instansi atau badan usaha.

Tanda tangan resmi yang tersertifikasi bisa didukung oleh kode QR. Fungsi tanda tangan QR adalah sebagai alat verifikasi tambahan untuk tanda tangan digital resmi. Hal ini menambah aspek keamanan dalam pengelolaan dokumen secara digital, misalnya.

Keuntungan lain adalah terjaganya kerahasiaan berbagai dokumen penting. Tanda tangan digital dan kode QR adalah faktor pengaman ketika ada yang mengakses arsip. Program manajemen dokumen seperti inOffice terintegrasi dengan tanda tangan karena ini.

Cara membuat tanda tangan digital ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan gratis (atau murah). Mulailah membuat versi digital dari tanda tangan untuk memastikan keamanan dokumen.