integrasolusi.com – Hai #sobatoffice ! Pernahkan Anda sering sibuk, tapi pekerjaan Anda tidak selesai? Atau mungkin Anda merasa masih kurang banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda? Jangan-jangan Anda mulai tidak produktif. Nah untik itu, tentu sudah sering kan mendengar kata-kata atau istilah produktivitas kerja? Atau mungkin mendapatkan motivasi dari atasana atau manajemen tempat Anda bekerja untuk meningkatkan produktivitas kerja. Ya tentu saja, manajemen kantor Anda akan selalu meminta Anda sebagai bagian dari pekerjaan, untuk selalu produktif demi mencapai target dan tujuan perusahaaan/organisasi Anda. Seseorang dapat dikatakan produktif, jika ada beberapa hal seperti berikut ini :

  • Punya sifat selalu membangun dan bertanggungjawab
  • Punya dedikasi dan loyalitas yang tinggi pada pekerjaan
  • Punya visi atau tujuan terhadap pekerjaannya
  • Punya tekad dan potensi dalam mengembangkan diri
  • Punya kontribusi positif terhadap lingkungan kerjanya.

Hal di atas adalah beberapa tentang indikasi bahwa seseorang itu bisa produktif. Lantas bagaimana cara mendongkrak produktivitas dalam waktu singkat ?

Berikut sedikit tips nya :

  1. Pastikan Ada Rencana Kerja

Ini sangat penting sekali, karena Anda wajib punya rencana apa yang akan dikerjakan. Mulailah dari sekarang membiasakan diri Anda untuk membuat rencana kerja yang akan dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh gambaran pekerjaan apa saja yang akan dan harus dikerjakan serta diselesaikan selama seminggu ke depan, dan apakah masih ada pekerjaan yang tersisa sebelumnya. Sehingga membantu Anda untuk lebih produktif lagi

 

  1. Perkirakan Waktu Pekerjaan

Dalam bekerja, tentunya Anda punya banyak pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Susunlah perkiraan waktu  dan strategi Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, aar bisa selesai tepat waktu.

 

  1. Fokus Pada Tugas Yang Penting

Dalam bekerja, pasti dong tidak hanya satu pekerjaan saja yang dikerjakan, nah pasti bingung dan dibikin pusing kan, pekerjaan mana dulu yang harus diselesaikan agar tepat waktu. Oleh karena itu, agar tetap bisa produktif, mulai sekarang susunlah dan kelompokkan pekerjaan atau tugas-tugas berdasarkan tingkat urgensitasnya atau tingkat kepentingannya terlebih dulu. Selain fokus, Anda harus bisa memulai pekerjaan Anda lebih awal, sehingga pekerjaan dalam 1 hari tidak menumpuk dan menjadi beban di hari berikutnya.

 

  1. Hilangkan Gangguan Yang Ada

Ini sangat penting dan kadang susah untuk dilakukan, mengapa? Ya karena pastinya kita akan mendapat gangguan dari lingkungan sekitar Anda, khususnya datang dari dalam diri, yaitu gangguan rasa malas dan kurang semangat. Nah cobalah hilangkan rasa malas dalam diri Anda, dengan memikirkan tujuan dan demi siapa Anda ini bekerja, biar ada semangat. Untuk gangguan lainnya, ya dikoindisikan saja, misalnya aktifkan mode silent paa hp Anda, buat tulisan/pesan jangan diganggu pada meja kerja/ruangan kerja Anda, dll. Sehingga Anda akan tetap bisa fokus dan produktif dalam bekerja.

 

  1. Buat Jadwal Evaluasi Mingguan

Apa maksudnya buat evaluasi mingguan? Ini dimaksudkan agar kita bisa tahu pencapaian kerja Anda selama 1 minggu kebelakang seperti apa, dan apakah ada kendala atau tidak?sesuai target atau tidak?dengan melakukan evaluasi ini, Anda kedepannya dapat mengetahui mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak, biar pekerjaan cepat selesai dan sesuai targetnya. Dan jangan lupa juga, selalu  rutin untuk melakukan evaluasi mingguan ini.

 

  1. Jaga Kondisi Kesehatan Tubuh

Ini sangat penting, agar Anda dalam bekerja dengan kondisi tetap sehat jasmani dan rohani, sehingga Anda akan tetap bisa produktif dalam bekerja. Jaga kesehatan ini bisa dengan berolah raga secara teratur, mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin yang berguna bagi tubuh Anda, sehingga Anda tidak mudah capek dan bahkan stress ketika harus menyelesaikan pekerjaan Anda.

 

  1. Manfaatkan Teknologi Pendukung Yang Ada

Ini pastinya juga harus Anda lakukan agar pekerjaan Anda membuahkan hasil secara efektif dan efisien dengan bantuan teknologi informasi digital yang berkembang pesat saat ini. Tidak ada salahnya Anda dalam memanfaatkan teknologi informasi yang ada, demi kelancaran pekerjaan Anda dan tetap bisa produktif dalam mencapai target pekerjaan Anda.

Manfaatkan teknologi yang ada dan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda, jangan sampai teknologi yang ada malah membuat Anda terbebani dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dari sedikit tips dalam meningkatkan produktivitas di atas, tentunya bisa berbeda-beda dalam implementasinya, tergantung dari masing-masing individu, yang mana yang baik dan cocok digunakan. Untuk poin 7, pasti sekaran ini banyak sekali aplikasi pendukung dalam meningkatkan produktivitas kerja Anda. Tapi perlu diingat, jangan sampai Anda salah piliih aplikasinya ! dan saran dari kami, gunakan aplikasi integraOffice yang sudah teruji.

Mengapa aplikasi integraOffice WAJIB Anda gunakan?dan mengapa ini penting untuk Anda?jangan ragu-ragu! Klik disini untuk informasi lengkapnya!

 

 

 

 

 

Sumber :
https://qwords.com/blog/meningkatkan-produktivitas-kerja/
https://www.duniakaryawan.com/cara-meningkatkan-produktivitas-kerja/