integrasolusi.com – Tentu saja Anda semua pernah dengar istilah disposisi, dan mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bekerja di perkantoran, terutama di instansi/organisasi yang aktivitasnya berhubungan dengan dokumen dan surat-menyura, seperti contohnya di instansi/lembaga pemerintahan dan perguruan tinggi. Memang di instansi/Lembaga pemerintahan dan perguruan tinggi, dalam aktivitasnya memang tidak lepas dari proses surat-menyurat dan disposisi, karena surat-menurat dan disposisi tersebut sebagai alat komunikasi secara administratif antara atasan dan bawahan serta semua pihak yang berhubungan dengan suatu surat tertentu. Dan bisa dikatakan pula  proses surat-menyurat dan disposisi sebagai urat nadi jalannya suatu instansi/organisasi, yang tentu saja dalam prosesnya harus di kelola dengan tepat.

Namun bagi anda yang belum tahu apa sih sebenarnya disposisi itu? Bisa membaca artikel sebelumnya tentang pentingnya disposisi. Dalam artikel tersebut,  disposisi didefiniisikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dari sudut pandang administrasi berarti pendapat seorang pejabat mengenai urusan yang termuat dalam suatu surat dinas, yang langsung dituliskan pada surat yang bersangkutan atau pada lembar khusus. Atau dapat di artikan secara sederhana, disposisi adalah perintah atau instruksi dari atasan/pimpinan yang ditujukan kepada bawahannya. Sudah paham kan?bahwa disposisi hanya bisa diberikan oleh atasan kepada bawahannya.

Lantas apa hubungannya dengan judul di atas tentang bagaimana menyelesaikan masalah disposisi dalam hitungan detik? Nah itu yang akan kita bahas secara singkat di artikel ini.

Anda pastinya sudah tahu, kalau dalam aktivitasnya, proses surat-menyurat sering muncul permasalahan yang ujung-ujungnya akan mengganggu jalannya aktivitas lain di sebuah instansi/organisasi. Begitu juga dengan disposisi, dalam prakteknya juga sering muncul masalah-masalah kecil yang ujung-ujungnya dapat mengganggu jalannya aktivitas lainnya. Contoh saja masalah yang sering mincul seperti ; atasan sering tidak ada di tempat, mobilitas atasan yang tinggi, terselipnya surat yang harus didisposisi, dsb.  Permasalahan tersebut mungkin dianggap remeh, tapi dampaknya akan menyebabkan terganggunya aktivitas lainnya.

Coba bayangkan suatu aktivitas terganggu, hanya karena belum ada disposisi atas surat yang masuk, karena pimpinan mobilitasnya tinggi diluar kantor. Pasti akan mengganggu bukan? Jangankan satu atau dua surat yang belum didisposi sudah sangat berdampak, bayangkan saja kalau ada tumpukan surat yang harus segera didisposisi pimpinan, akan sangat-sangat berdampak, hingga mengakibatkan produktivitas suatu instansi/organisasi jadi menurun.itu kalau dari sisi disposisi. Namun produktivitas juga bisa dipengaruhi oleh pengelolaan aktivitas persuratannya, kalau tidak tepat, sama juga akan berdampak besar.

Tapi tentu saja Anda pernah mendengar bukan? Ada solusi yang dapat mengatasi permasalahan disposisi tersebut, yaitu dengan menggunakan sistem aplikasi e- e-Office Persuratan dan Disposisi. Ya karena dengan implementasi aplikasi e-Office Persuratan dan Disposisi, semuanya akan dilakukan secara digital dan secara online, aplikasi e-Office Persuratan dan Disposisi ini , memang dirancang dan dikembangkan untuk membantu mempemudah serta mempersingkat proses birokrasi yang ada dalam surat-menyurat dan disposisi. Apalagi saat ini e-Office Persuratan dan Disposisi tidak hanya dikembangkan dengan aplikasi web saja, tapi sudah sampai dengan mobile application, baik android atau iOS.

Bayangkan saja, dengan aplikasi e-Office Persuratan dan Disposisi, segala macam surat yang masuk ke atasan akan secara langsung dapat dibaca dan dilakukan disposisi dalam hitungan detik, dan bahkan aktivitas membaca surat masuk sampai dengan melakukan disposisi bisa dilakukan oleh atasan dimana saja dan kapan saja. Tidak ada lagi berkas menumpuk di meja atasan, tidak ada lagi saling menunggu dalam disposisinya, sehingga proses disposisinya bisa se-efektif dan se-efisien mungkin.

Namun apakah ada aplikasi e-Office Persuratan dan Disposisi ini yang sesuai dan mengerti dengan kebutuhan instansi/organisasi Anda? Tentu saja ada, Anda bisa mengimplementasikan aplikasi integraOffice Persuratan dan Disposisi untuk instansi/organisasi Anda dengan mudah, anda tak perlu repot-repot harus menyiapkan SDM IT dan server sendiri, karena integraOffice Persuratan dan Disposisi berbasis Cloud yang memudahkan Anda sebagai pengguna. Dan satu lagi, sistem aplikasi integraOffice Persuratan dan Disposisi ini juga sudah teruji, karena diimplementasikan di beberapa kementrian, pemerintah daerah, BUMN, sampai ke perguruan tinggi.

 

Jangan ragu-ragu! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi detailnya.