Bangun Startup di Bidang IT di Surabaya, Tidak Disangka Kebanjiran Rejeki Menjadi Pemenang Utama

2023-05-25T16:30:47+07:00

integraOffice. – Perusahaan startup di Indonesia semakin semarak bermunculan untuk berlomba-lomba mengembangkan bisnis dan memberikan inovasi baru. Tidak di pungkiri memang, startup merupakan salah satu bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha dengan modal nekat untuk bisa merintis sebuah perusahaan, salah satunya adalah PT Integra Teknologi Solusi yang telah berdiri hampir 4 tahun lamanya. Tidak disangka membangun bisnis yang diawali dengan pendiri-pendiri satu kelas pada masa kuliah, namun mewujudkan berdirinya perusahaan startup di bidang IT ini membuahkan hasil yang cukup “surprise” tentunya di awal tahun 2017 tepatnya mendapatkan hibah dari Kemenristekdikti, dalam rangka mengikuti acara IBT yang diselenggarakan secara nasional khusus di perusahaan startup di Indonesia. Integra ditunjuk sebagai pemenang utama pada acara IBT 2017, sebagai salah satu startup yang dipercaya oleh Kemenristekdikti bisa mengembangkan inovasi produk unggulan bagi masyarakat Indonesia.

Cukup tidak mudah membangun bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut namun juga harus didampingi oleh tenaga ahli yang profesional di bidangnya, dan berkompeten. Diawali dengan budaya kerja yang cukup berbeda dibanding perusahaan lainnya, hanya memiliki karyawan 5 orang saja diawal tahun 2017, hingga saat ini kurang lebih hampir mencapai 30 karyawan. Siapa sangka bahwa, semakin usia Integra bertambah kebutuhan SDM semakin bertambah dan tentunya diiringi dengan kebutuhan dari produk unggulan integraOffice yang semakin hari semakin diminati oleh khalayak.

Hal ini juga didukung oleh lingkungan yang menunjang kinerja, antara lain diberikan fasilitas yang layak untuk karyawan, diberikan kesempatan berkarya dan mengasah kemampuan-kemampuan atau skill. Seperti apa budayanya ? Seluruh karyawan selalu diberikan penawaran bagaiamana enjoy dengan pekerjaan masing-masing, apabila mereka perlu bekerja tidak dikantor, mereka bekerja dengan suasana outdoor misalnya, ataupun mereka ingin bekerja yang full musik, area bermain & olahraga yang layak, adanya snack harian yang selalu terpenuhi. Dengan begini, mungkin bisa memberikan ide-ide baru bagi para programmer tentunya, karena disisi lain supaya tidak jenuh integra selalu menerapkan kenyamanan bekerja. Progress kerja lancar, namun membuahkan hasil yang maksimal tentunya itu yang diharapkan di pimpinan kami.

Baca juga:  2021 IT Overview, Bersiap dari Sekarang, Menjadi Pemenang di Tahun Depan

Menemukan orang yang mau bekerja sama denganmu itu gampang sebenernya. Tapi menemukan orang yang bisa mengerjakan tugasmu itu yang susah. Tapi bukan berarti nggak mungkin, karena kita membentuk karakter tim kerja disesuaikan dengan tanggung jawab dan harus selalu adanya “trust“. Solid dalam bekerjasama, tidak lah mudah seperti hanya teori pada umumnya, namun perlu adanya komitmen bersama antar tim dan personal. Manajemen integra selalu mengajarkan bahwa apa yang kita lakukan, harus adanya “goals” dalam berperan dari tanggung jawab masing-masing.

Dengan keberhasilan pernah menjadi pemenang utama dalam event yang diselenggarakan Kementerian di Indonesia, itu adalah semangat baru bagi seluruh karyawan, semakin berinovasi, semakin mengasah skill, dan menghasilkan karya anak bangsa Indonesia agar lebih maju. Hal tersebut bisa dijadikan contoh bagi perusahaan startup lainnya, namun jangan mudah putus asa dalam membangun bisnis startup. Justru pada era ini, perusahaan startup sering didukung juga oleh pemerintah Indonesia & juga investor lainnya.

Semoga bermanfaat !