IntegraOffice Persuratan – Tahukan Anda sekitar 10 juta hektar kawasan hutan di Indonesia telah dimanfaatkan untuk industri pemanfaatan hasil hutan sampai tahun 2013? Jumlah tersebut meningkat tajam dibandingkan tahun 1995 yang hanya seluas 1,13 juta hektar. Bisa dibayangkan berapa banyak pohon yang ditebang untuk dimanfaatkan kayunya guna mendukung sistem persuratan di kantor hingga sekarang?

Memang benar, pelaku industri juga banyak yang mempunyai hak konsesi. Hak konsesi ini adalah sebuah izin dari pemerintah bagi pelaku industri untuk mengelola dan mengembangkan kawasan hutan produksi di mana kayu dalam hutan tersebut dapat diambil secara legal pada periode tertentu. Tapi, faktanya banyak pelaku industri yang masih bergantung pada produksi hutan alam. Alasannya, karena rendahnya tingkat produksi dari hutan konsesi dan lambatnya penanaman. 

Ironisnya, tingginya permintaan akan hasil kayu didominasi berasal dari industri pulp dan kertas. Iya benar, kertas yang biasa digunakan untuk sistem persuratan di kantor Anda itu berasal dari industri yang paling banyak mengambil bahan baku dari hutan alam. Sedangkan kita manusia masih harus berbagi lahan dan hasil hutan dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Sementara lahan hutan di Indonesia juga semakin sedikit karena tergantikan oleh perkebunan dan terkikis oleh pembangunan.

Perdebatan antara dua hal ini akan selalu panjang dan menimbulkan pro dan kontra. Apalah daya kita yang hanya seorang pegawai biasa dengan tuntutan mencari nafkah pada instansi yang juga masih bergantung pada alam semesta?

Jawabannya tidak selalu susah sebenarnya. Terdengar klise, tetapi mantra dari kalimat “perubahan kecil dimulai dari diri sendiri” sungguh nyata adanya. Anda bisa mulai menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan, beralih menggunakan barang yang tidak sekali pakai, atau kalau memang memungkinkan, ganti penggunaan barang yang bahan bakunya terbatas dengan sesuatu yang benar-benar tidak mengambil dari alam.  Contohnya saja, mengganti penggunaan surat kertas dengan aplikasi persuratan.

Dalam lingkungan kantor pun, perubahan yang bisa kita lakukan adalah dengan memulai menerapkan sistem persuratan yang tidak lagi konvensional, melainkan persuratan digital. Bukan tanpa alasan teknologi digital ini muncul dalam kehidupan kita. Selain untuk memudahkan hidup, teknologi digital merupakan sebuah alternatif untuk mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, khususnya dalam ranah yang profesional.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, fakta bahwa industri pulp dan kertas merajai permintaan bahan baku kayu yang paling tinggi harusnya mendorong perkantoran untuk bertransformasi ke sistem kerja berbasis digital, khususnya pada sistem persuratan. Ini bukan berarti semua penggunaan kertas harus dihapuskan sepenuhnya pada perkantoran. Tetapi, mulai meminimalisir penggunaan kertas untuk keperluan surat menyurat dan dokumentasi adalah langkah yang cerdas.

Tidak hanya cerdas, memanfaatkan persuratan digital sepertinya memang sebuah keharusan kalau tidak ingin instansi Anda dipandang “ketinggalan jaman”. Coba sebutkan saja instansi bonafit mana sih di dunia yang masih menerapkan sistem konvensional. Hampir semuanya sudah menerapkan sistem digital di seluruh aspek kerja instansinya.

Terakhir, mengubah sistem persuratan konvensional menjadi persuratan digital selain karena isu lingkungan, juga merupakan upaya meningkatkan kinerja instansi menjadi lebih praktis dan efisien. Instansi tidak perlu memikirkan ruang penyimpanan arsip, tidak perlu khawatir soal keamanan atau kemungkinan hilangnya sebuah surat, hingga sistematika pengerjaan surat-menyurat/disposisi yang ribet. Berkat kemudahan zaman, semua itu bisa diselesaikan dengan sebuah sistem persuratan digital yang mumpuni dan canggih. 

IntegraOffice menawarkan sistem persuratan digital yang bisa menyesuaikan kebutuhan instansi Anda. Dengan adanya beragam fitur pendukung yang memungkinkan Anda bekerja lebih mudah, tanpa ribet, dan tentunya mengemban misi yang mulia guna mendukung berkembangnya industri ramah lingkungan. Sebut saja ini adalah aplikasi maupun website persuratan yang akan memudahkan kerja Anda di kantor.

Mari wujudkan sistem persuratan canggih untuk kantor Anda bersama Eoffice melalui aplikasi persuratan ini. Pelajari lebih lanjut bersama tim kami di sini Klik Disini !

Sumber data: Industri Kertas Lebih Suka Merusak Hutan Alam Daripada Menanam Pohon : Mongabay.co.id