Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melakukan Proses Uji Penetrasi?

2024-01-04T09:16:23+07:00 June 24th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com Proses penetration testing (pentest) merupakan sebuah kegiatan penting dalam pembuatan sebuah software. Pasalnya, penetration testing dilakukan untuk memastikan software yang dikembangkan teruji keamanannya. Karena begitu pentingnya uji penetration testing ini, terkadang beberapa pihak berpikir bahwa pentest membutuhkan waktu yang lama. Benarkah demikian?

Di artikel berikut, Anda bisa mengetahui berapa lama proses pentest berlangsung. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Sekilas tentang Penetration Testing

Apa itu penetration testing? Proses penetration testing adalah sebuah proses yang dilakukan dalam rangka menemukan celah keamanan dalam sebuah sistem. Sistem yang dimaksud ada beragam macamnya, salah satunya adalah software atau perangkat lunak.

Kegiatan pentest akan dilakukan oleh seorang asesor tersertifikasi yang sudah mengetahui standar resmi pengujian keamanan sistem. Nantinya, asesor akan melakukan serangkaian simulasi serangan pada sistem yang diuji. Simulasi serangan ini akan dibuat menyerupai serangan hacker.

Jika asesor menemukan celah keamanan dalam sistem, asesor akan melaporkan celah-celah rentan yang memerlukan penguatan keamanan. Nantinya, perusahaan bisa memperkuat sistem keamanan mereka berdasarkan data yang didapatkan oleh asesor.

Penetration testing biasanya diperlukan perusahaan-perusahaan yang menggunakan internet dalam pelayanannya—baik melalui web page maupun software yang terkoneksi ke internet. 

Baca juga:  5 Peran Penetration Testing dalam Pengembangan Software

Berapa Lama Penetration Testing akan Dilakukan?

Mengingat pentingnya penetration testing untuk memastikan keamanan sistem, penetration tidak bisa asal-asalan dilakukan. Tak jarang ini juga menimbulkan pertanyaan, apakah penetration testing membutuhkan waktu yang lama? 

Proses uji penetrasi biasanya akan memakan waktu lebih dari satu minggu. Akan tetapi, biasanya lama proses pentest tidak lebih dari dua minggu.

Lama proses uji penetration test tergantung dari ukuran dan kompleksitas sistem yang diuji. Pada sistem yang rumit, penetration testing bisa memakan waktu lebih lama. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga:  Apa Itu Pentest? Yuk, Cari Tahu Apa Definisi dan Manfaatnya di Sini!

Pada sistem yang kompleks, uji pentest mungkin akan dilakukan dalam beberapa fase. Tim asesor juga tentunya akan diperbanyak untuk mempermudah proses pengujian.

Sebagai simpulan, lama proses penetration testing tergantung pada ukuran dan kompleksitas sistem yang diuji. Semakin besar dan kompleks (rumit) sebuah sistem, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan uji penetration test.

Baca juga:  5 Peran Penetration Testing dalam Pengembangan Software

Untuk mengetahui secara pasti berapa lama proses penetration testing, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan IT yang terpercaya. Anda juga bisa menanyakan bagaimana proses uji penetrasi secara lebih detail maupun hal-hal lain yang terkait.