Berbagi Ilmu untuk Capai Kesuksesan Perusahaan, Kini lebih Mudah dengan Knowledge Management System

2023-05-26T10:19:41+07:00

integrasolusi.com – Dalam dunia bisnis peran karyawan sangatlah penting untuk keberlangsungan perusahaan. Tanpa karyawan yang berkompeten dan berkualitas baik maka sebuah perusahaan bisa jatuh bahkan bisa juga memiliki reputasi yang buruk. Oleh karena itu, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas kompetensi dari para karyawannya. Tujuannya tak lain adalah agar perusahaan mereka semakin berkembang dan maju seiring dengan pegawai atau karyawan yang semakin berkompeten.

Untuk dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas dari karyawan, maka fokus utama yang dilakukan oleh perusahaan adalah bagaimana bisa mengelola knowledge atau ilmu dari masing-masing karyawannya. Pada faktanya, setiap karyawan memiliki ilmu dan kemampuan yang berbeda-beda, ada yang berpengalaman, dengan segudang ilmu yang dimilikinya, ada juga yang masih belum berpengalaman sehingga perlu dibimbing lebih lanjut. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah metode seperti apakah yang efektif agar knowledge bisa tersebar lebih merata sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas karyawan.

Salah satu metode yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi adalah dengan menerapkan Knowledge Management System (KMS), yang merupakan sebuah tools atau aplikasi yang berbasis digital yang biasanya digunakan oleh banyak perusahaan untuk membantu mengatur dan mengelola dokumentasi berupa pengetahuan atau knowledge, pertanyaan dan informasi umum yang biasanya dimiliki oleh masing-masing anggota di dalam sebuah perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, tentu akan memberikan dampak positif bagi perusahaan, khususnya di saat pandemi global yang terjadi sekarang ini (Pandemi COVID-19), KMS ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses dokumentasi pengetahuan tersebut di manapun dan kapanpun. Mulai dari informasi dan pengetahuan umum sampai dengan pengetahuan dan skill khusus yang dimiliki oleh masing-masing karyawan dalam perusahaan, yang dapat kamu akses dengan mudah dengan menggunakan teknologi Knowlegde Management System (KMS). Karena kecanggihan inilah, KMS menjadi tools yang sangat berharga dan cocok digunakan untuk perusahaan ataupun instansi yang ingin berkembang jauh lebih baik lagi. Penerapan KMS ini juga memberikan banyak manfaat kepada perusahaan yang menerapkannya, antara lain misalnya :

  • Mudahnya pencarian informasi dan pengetahuan dengan cepat dan praktis.
  • Dapat menjadi wadah yang baik dalam berkoordinasi ataupun berkolaborasi antar anggota organisasi.
  • Broadcast informasi penting bisa dilakukan secara cepat dan luas tanpa hambatan.
  • Sebagai wadah penggunaan problem solving dari pengalaman yang serupa yang pernah terjadi
  • Meningkatkan ilmu dan skill anggota organisasi.
  • Menciptakan tenaga kerja yang lebih informatif dan produktif.
  • Tersedianya informasi dan pengetahuan yang terdigitalisasi dengan baik, juga mampu. membantu perusahaan, untuk mengambil sebuah keputusan yang lebih bijak.
  • Tidak kalah pentingnya bagi perusahaan, adalah berbagai macam pengetahuan dan skill yang dimiliki oleh setiap individu dalam perusahaan dapat tersimpan dan terjaga dengan baik. Meskipun individu tersebut sudah tidak berada di perusahaan (misal , pensiun, pindah unit, dll).
Baca juga:  Penggunaan E Office Persuratan untuk Meningkatkan Penilaian Kinerja pada Sektor Pemerintahan

Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan, rupanya dalam banyak kasus tidak berbanding lurus dengan keberhasilan dalam menerapkannya. Mengapa bisa terjadi demikian ? Hal ini tentu disebabkan oleh banyak faktor, yang salah satunya adalah enggannya seorang individu untuk menginformasikan  pembelajaran dari setiap aktivitas yang mereka lakukan pada aplikasi KMS.

Lalu apakah PT Integra Teknologi Solusi juga menyediakan tools sehebat itu? Tentu saja, kami memiliki berbagai produk andalan yang mampu mengimbangi dan bersaing dengan berbagai teknologi yang sudah ada saat ini. Kami menyebutnya sebagai “IntegraOffice KMS (Knowledge Management System)”, aplikasi IntegraOffice KMS ini sendiri dikembangkan oleh tenaga ahli terbaik di bidangnya, aplikasi integraOffice KMS akan memberikan pengalaman manajemen pengetahuan terbaik yang pernah ada!

Tunggu apalagi, segera hubungi kami