BSrE dan Aplikasi Persuratan E Office, Begini Penerapannya

2023-05-23T14:51:13+07:00 October 27th, 2022|Categories: Persuratan|

Apakah Anda merasa administrasi dan pelayanan publik instansi pemerintah kini lebih cepat dan responsif? Jika ya, salah satunya berkat layanan sertifikat elektronik oleh BSrE atau Balai Sertifikasi Elektronik. Apa itu BSrE dan bagaimana hubungannya dengan TTE atau Tanda Tangan Elektronik?

 

Apa Itu BSrE?

BSrE menyelenggarakan layanan sertifikat elektronik atau certification authority untuk instansi penyelenggara negara. Pembentukan lembaga ini bermula dari kebutuhan unit kerja guna mendukung pelaksanaan implementasi e-Government pada 2017. 

Melalui Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara No. 10 Tahun 2017 mengenai Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik, unit pelaksana ini pun terbentuk. Tujuannya jelas, yaitu menyelenggarakan Otoritas Sertifikat Digital atau OSD di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Ketika kebutuhan autentikasi informasi dan data elektronik meningkat saat pandemi, kebutuhan instansi akan tanda tangan elektronik (TTE) tersertifikasi melonjak. Di sinilah aplikasi persuratan digital hadir guna mendukung proses integrasi TTE, salah satunya integraOffice. 

Jadi, dengan memakai aplikasi integraOffice Anda bisa menggunakan TTE dengan mudah, asal sudah melalui proses integrasi TTE dan aplikasi persuratan digital.

 

Keunggulan Integrasi Tanda Tangan Elektronik BSrE dan Aplikasi E Office

Apa saja keuntungan integrasi TTE Balai Sertifikasi Elektronik dengan aplikasi E Office terkait persuratan dan dokumen perkantoran lainnya?

  • Menjamin keabsahan dan keaslian dokumen yang dibuat menggunakan aplikasi persuratan digital.
  • Menjadikan TTE sebagai alat autentikasi dan verifikasi dokumen persuratan yang dibuat dengan aplikasi E Office. 

 

Aplikasi integraOffice Integrasi TTE dengan BSrE

Tepat pada 9 Juni sampai 12 Juni 2021, aplikasi integraOffice PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF) telah melakukan integrasi TTE dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Proses pengerjaan integrasi berlangsung selama empat hari, dihadiri oleh tim BSrE BSSN dan tim PT Integra Teknologi Solusi

Adapun proses integrasi TTE dan BSrE dengan aplikasi integraOffice melalui tahapan berikut.

  • Penjelasan mengenai application programming interface (API) dan pemasangan sistem BSrE
  • Pengujian hasil pemasangan sistem
  • Persiapan development untuk menjamin kesesuaian environment E-Office dengan API TTE
  • Proses development integrasi TTE dan E-Office Persuratan, mencakup pemasangan API ke dalam sistem persuratan. Jadi, aplikasi persuratan digital ini bisa langsung memakai layanan sertifikasi TTE.
  • Proses uji kesesuaian untuk mengecek hasil integrasi melalui simulasi pembuatan surat. Pada tahap ini ada pengecekan apakah TTE yang muncul pada aplikasi persuratan sudah sesuai dengan apa yang didaftarkan.
  • Implementasi hasil pengintegrasian TTE dan aplikasi integraOffice menuju server production

 

Integrasi BSrE dan aplikasi persuratan integraOffice mempermudah instansi yang menggunakan aplikasi ini untuk menerapkan layanan sertifikasi elektronik pada instansi. Semua dokumen persuratan yang dibuat pada E Office Persuratan dan sudah menerapkan TTE dinyatakan valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Instansi Anda membutuhkan aplikasi persuratan yang dapat terintegrasi dengan BSrE? Kontak kami di sini untuk keterangan lebih lanjut.