Cara Membuat Nomor Surat Dinas dengan Mudah dan Praktis

2024-01-04T11:10:35+07:00 February 27th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Cara pembuatan surat resmi atau dinas tak boleh sembarangan. Anda perlu memperhatikan penulisan setiap komponen surat dengan benar. Salah satunya adalah berkaitan dengan cara membuat nomor surat. 

Pentingnya Membuat Nomor Surat dengan Benar

Nomor surat dalam sebuah surat dinas memiliki fungsi penting. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan sistem penomoran surat untuk bisa menuliskannya dengan tepat. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan manfaat dari fungsi nomor surat, seperti: 

  • Memonitor surat keluar dan melakukan klasifikasi surat berdasarkan isi
  • Memudahkan penyimpanan serta pencarian surat
  • Referensi untuk pembuatan surat di masa mendatang

Baca juga: Cara Mudah Membuat Penomoran Surat Resmi, Dijamin Praktis!

Format Penulisan Nomor Surat

Setiap lembaga atau perusahaan mempunyai sistem penomoran surat masing-masing. Meski begitu, format nomor surat yang biasa digunakan dalam pembuatan surat dinas atau surat resmi adalah sebagai berikut:

  • Kode nomor surat
  • Numor urut surat
  • Nama lembaga
  • Bulan berjalan yang ditulis menggunakan angka romawi
  • Tahun berjalan

Ketika membuat nomor surat, Anda perlu menuliskan format dengan benar dan menggunakan “/” sebagai pemisah. 

Baca juga: Apa Itu Penomoran Surat dan Pentingnya bagi Sebuah Instansi

Cara Membuat Nomor Surat yang Praktis

Pembuatan nomor surat sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, kerap terjadi kesalahan penulisan nomor karena adanya faktor human error. Kesalahan itu bisa muncul karena karyawan yang kurang teliti atau dokumentasi surat yang tidak berjalan dengan baik. 

Kabar baiknya, saat ini ada solusi yang memudahkan Anda dalam menyusun sistem penomoran surat. Solusi tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi penomoran surat yang revolusioner dari PT Integra Teknologi Solusi, yaitu Sistem Penomoran Surat Keluar (SP-SK)

Baca juga:  QR Code, Solusi Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

Penggunaan aplikasi SP-SK memberikan banyak manfaat bagi Anda, termasuk di antaranya adalah: 

1. Praktis

Anda tak perlu lagi menuliskan nomor surat secara manual. Cukup dengan menggunakan aplikasi, nomor surat terbaru sudah bisa Anda dapatkan.

2. Akurat

Penggunaan aplikasi SP-SK bisa membantu dalam meminimalkan terjadinya kesalahan penulisan nomor surat. Anda tidak akan lagi berhadapan pada problem nomor surat ganda. Selain itu, SP-SK juga mempunyai fitur yang memudahkan Anda dalam melacak nomor pengguna nomor surat. 

3. Cara Penggunaan yang Mudah

Terakhir, SP-SK menawarkan cara penggunaan yang mudah. Apalagi, Anda bisa mendapatkan bantuan dari chatbot

Dengan adanya SP-SK, Anda tak perlu lagi bingung dalam membuat nomor surat resmi atau surat dinas. Aplikasi ini terbukti mampu memberikan solusi yang tepat dan praktis.