integrasolusi.com – Praktik pemalsuan tanda tangan dapat terjadi di mana saja dan menimpa siapa saja. Tak menutup kemungkinan, para pelaku tindak kejahatan ini secara khusus menyasar institusi pemerintah di daerah, termasuk pemerintah desa/kelurahan. Apalagi, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pelaku kejahatan dalam memalsukan tanda tangan. 

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tak diinginkan, Anda perlu mencari solusi agar terhindar dari praktik pemalsuan tanda tangan. Solusi terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah dengan menggunakan inovasi berupa tanda tangan elektronik (TTE) yang memakai QR code

Kelebihan Tanda Tangan QR Code

QR code adalah solusi tepat dalam upaya menghindari pemalsuan tanda tangan pada era digital seperti sekarang. Penggunaannya bisa memberikan berbagai manfaat, terutama bila dibandingkan dengan tanda tangan basah. 

Beberapa keuntungan penggunaan tanda tangan QR code di antaranya: 

1. Proses Verifikasi yang Mudah

Kelebihan utama yang bisa Anda peroleh dari pemakaian tanda tangan digital QR code adalah kemudahan dalam melakukan verifikasi. Penerima surat bisa secara langsung mengecek keaslian tanda tangan yang tertera pada surat, cukup dengan melakukan pemindaian QR code menggunakan smartphone

2. Punya Kekuatan Hukum yang Kuat

Penggunaan TTE di Indonesia telah mendapatkan pengakuan hukum yang sama kuatnya dengan tanda tangan basah. Terlebih, ketika Anda memakai layanan TTE yang mendapat perlindungan hukum lewat UU ITE Nomor 11 tahun 2008. 

3. Efisiensi Waktu

Kelebihan terakhir dan tak kalah penting adalah berkaitan dengan efisiensi waktu. Pembubuhan tanda tangan basah memerlukan kehadiran penandatangan secara fisik. Namun, situasi yang berbeda ketika Anda menggunakan tanda tangan QR code. Dengan manfaat seperti ini, kepala desa bisa melakukan tanda tangan dari mana saja, tanpa terhalang jarak. 

Baca juga: Tips dan Trik Tanda Tangan Anti Palsu untuk Keamanan Dokumen

Tidak sulit untuk bisa menghindari praktik pemalsuan tanda tangan di lingkup kantor pemerintah desa/kelurahan, kan? Anda pun bisa mendapatkan layanan TTE dalam bentuk QR code dengan menggunakan aplikasi integraOffice Persuratan. Praktis dan aman!