Cegah Pemalsuan dengan Sistem Surat Keterangan Dokter Canggih

2023-05-23T14:21:07+07:00 December 18th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Di dunia medis, persuratan atau rekam medis  menjadi hal yang vital dan melekat dengan kegiatan pelayanan kesehatan. Rekam Medis dan surat keterangan dokter adalah catatan mengenai keadaan pasien dan menjadi media komunikasi antartenaga kesehatan, untuk catatan anggaran bahkan kepentingan yuridis. Surat keterangan dokter juga dapat menjadi dasar pembelaan dalam kasus gugatan malapraktik medis. 

Sayangnya, sistem penyelenggaraan surat keterangan dokter belum terintegrasi secara baik sehingga memudahkan pelaku pemalsuan untuk melakukan tindakan curang tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan membuat sistem surat keterangan dokter yang terintegrasi dengan sistem elektronik sehingga memudahkan untuk melakukan verifikasi keaslian surat keterangan dokter.

Penggunaan Tanda Tangan QR Code atau Barcode

Salah satu cara untuk mencegah pemalsuan surat keterangan dokter adalah dengan menggunakan QR code. Dengan menggunakan QR code, setiap surat keterangan dokter akan memiliki kode unik yang dapat diakses melalui smartphone. Hal ini akan memudahkan untuk melakukan verifikasi keaslian surat keterangan dokter sehingga pelaku pemalsuan akan kesulitan untuk memalsukan surat keterangan dokter.

Selain itu, QR code juga dapat digunakan untuk menyimpan informasi yang lebih detail tentang pasien dan kondisi kesehatannya sehingga memudahkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika diperlukan. Dengan demikian, penggunaan QR code dapat meningkatkan efektivitas sistem surat keterangan dokter dan mencegah terjadinya pemalsuan surat keterangan dokter.

 

Sistem Persuratan Elektronik yang Terintegrasi

Dengan begitu maraknya pemalsuan surat dokter untuk disalahgunakan, sudah saatnya sistem persuratan elektronik dipergunakan. Sistem surat keterangan dokter yang saat ini masih berbasis kertas sering kali mengalami kendala dalam hal verifikasi keaslian surat keterangan dokter dan penyimpanan data pasien. Dengan menggunakan sistem surat dokter elektronik, semua informasi tentang pasien dan surat keterangan dokter dapat disimpan secara elektronik dan diakses melalui internet.

Baca juga:  Bincang-Bincang Seru Dibalik Kesuksesan Aplikasi integraOffice Cloud  

Dengan sistem persuratan elektronik yang terintegrasi, verifikasi keaslian surat keterangan dokter sangat mudah dilakukan. Prosedur pengajuan surat keterangan dokter yang lebih sederhana dan menyediakan informasi yang lebih detail tentang kondisi kesehatan pasien. Selain itu, dengan sistem elektronik, penanganan pemalsuan surat yang telah dikeluarkan dapat dilacak dengan mudah. 

 

integraOffice sebagai Solusi Surat Keterangan Dokter yang Lebih Efektif

integraOffice adalah produk e-office persuratan dari PT Integra Teknologi Solusi yang dilengkapi dengan fitur untuk mengelola dokumen surat sehingga memudahkan untuk menyimpan dan mengakses data secara efisien. Dengan menggunakan integraOffice, organisasi dapat dengan mudah mengelola keuangan, akuntansi, dan administrasi secara terintegrasi dan teratur.

 

integraOffice dapat membantu untuk meningkatkan efektivitas sistem surat keterangan dokter dan mencegah terjadinya pemalsuan surat keterangan dokter.