Sesungguhnya instansi-instansi harus mulai mempertimbangkan untuk menggunakan sistem absensi online atau absensi digital

integraOffice Absensi – Sudah setahun lebih pandemi ini berlangsung. Di awal-awal pendemi, kita sudah pernah melalui masa-masa work from home (WFH). Saat itu, pemerintah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan instansi memberlakukan WFH atau pembatasan jumlah karyawan bekerja di kantor. Bagi sebagian instansi, peraturan tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan bidang dan proses bisnis dari instansi yang memang membutuhkan kehadiran langsung para karyawannya. Tapi sebagian lainnya berhasil melakukan WFH dengan konsekuensi harus menerapkan absensi online.

Hasilnya, banyak karyawan yang sudah merasakan WFH tidak ingin kembali bekerja di kantor secara full time. Bagaimana tidak, bekerja WFH terasa seolah-olah “nggak begitu bekerja”. Bisa bekerja sambil rebahan di rumah, bisa sambil berkumpul bersama keluarga, bisa juga sambil sesekali ditinggal mengurus pekerjaan rumah tangga. Hal itu jelas tidak bisa dilakukan saat Anda bekerja full time di kantor. Memang sih keputusan WFH ini menimbulkan pro dan kontra. Tapi bagi para karyawan, WFH banyak enaknya. Toh yang penting hasil kerjanya. Apalagi sekarang juga sudah bisa dilakukan sistem absensi online. Harusnya sudah tidak jadi masalah.

Lain lagi bagi pihak manajemen instansi. Memberlakukan WFH dalam jangka yang lama bukanlah keputusan yang mudah. Apalagi bagi instansi yang bergerak dalam bidang industri manufaktur, bidang konstruksi, bidang pengiriman, serta bidang lainnya yang sifatnya sangat teknis dan lapangan. Bahkan bagi instansi yang bidang dan proses bisnisnya sangat memungkinkan sekalipun, pilihan untuk menerapkan WFH sangat berat untuk dilakukan. Salah satu yang paling memberatkan bagi instansi tentunya dalam hal absensi. Absensi konvensional jelas tidak bisa menudukung sistem kerja ini. Maka mereka perlu usaha untuk beralih ke absensi online.

Sesungguhnya sistem kerja WFH ini sudah ada yang menerapkannya jauh sebelum pandemi terjadi, walau jumlahnya tidak banyak. Sebelum pandemi, WFH ini lebih dikenal dengan sistem kerja remote. Hanya saja di Indonesia sistem kerja seperti ini kurang begitu populer.

Banyak juga anggapan dan miskonsepsi tentang bekerja remote yang tidak sepenuhnya benar. Malah sebaliknya, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan baik oleh instansi maupun karyawan. Salah satunya adalah meningkatnya mood dan kesejahteraan karyawan yang kemudian akan berpengaruh juga pada peningkatan produktifitas. Keuntungan lainnya yang didapatkan pihak instansi adalah mengurangi biaya perusahaan karena tidak perlu mengeluarkan uang makan, biaya peralatan kantor, dan biaya sewa kantor.

Di era perkembangan teknologi sekarang ini seharusnya para pelaku bisnis sudah mulai terbuka dengan sistem kerja baru. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kedepannya sistem kerja yang lebih fleksibel seperti sistem kerja remote ini semakin dibutuhkan. Instansi tidak perlu lagi khawatir karena ada teknologi pendukung yang bisa menunjang sistem kerja remote, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem absensi online.

Sistem absensi online menjadi krusial kalau instansi mau menerapkan kerja remote. Pada dasarnya absensi online atau absensi digital ini adalah sebuah aplikasi e-absensi berbasis mobile application yang terintegrasi pada smartphone. Salah satu aplikasi e-absensi yang bisa digunakan adalah aplikasi e-absensi integraOffice Absensi (iOA) yang sangat praktis dan efektif ini.

Dengan menggunakan aplikasi e-absensi, karyawan bisa melakukan check lock dimana pun dan kapan pun melalui fitur face recognition. Jadi karyawan hanya tinggal melakukan selfie menggunakan aplikasi ini maka secara otomatis kehadiran karyawan tercatat. Selain itu, para atasan juga bisa melacak lokasi karyawannya karena aplikasi ini dilengkapi dengan GPS Location.  Aplikasi ini juga dilengkapi status tanda bahwa karyawan sedang bekerja, jeda, istirahat, maupun dinas luar sehingga atasan masih bisa mengetahui kegiatan para karyawannya.

Sesungguhnya instansi-instansi harus mulai mempertimbangkan untuk menggunakan sistem absensi online atau absensi digital ini. Meskipun instansi tersebut tidak bisa sepenuhnya menerapkan sistem kerja full time remote, agaknya penggunaan absensi digital ini memang sangat perlu. Tidak bisa dipungkiri, seiring perkembangan zaman mobilitas kerja karyawan akan semakin tinggi. Baik instansi maupun karyawan harus semakin fleksibel dalam melaksanakan fungsinya. Dengan menggunakan aplikasi absensi online ini tentunya akan sangat membantu.

Mau mencoba kemudahan dan kenyamanan dari aplikasi absensi online ini? Konsultasikan saja bersama tim kami integraOffice Absensi Klik Disini !