“Pengembangan E Office di PT Sarana Multigriya Finansial untuk mengubah proses surat menyurat dan disposisi agar lebih efektif dan efisien.”

E Office – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebagai salah satu BUMN di bawah Kementerian Keuangan sudah sepatutnya dituntut untuk cepat dalam hal transformasi digital, terlebih lagi di era industri 4.0 dan masa pandemi seperti sekarang ini. Sebagai salah satu upaya agar tetap dapat bersaing dan atau menjadi pemenang, penerapan teknologi dan informasi untuk menunjang tujuan tersebut mempunyai peran penting guna meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan sistem informasi, dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan perusahaan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan informasi.

Salah satu transformasi digital yang sudah dilakukan oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) adalah dengan menggunakan aplikasi persuratan atau yang biasa disebut E Office untuk mengubah proses surat menyurat dan disposisi agar lebih efektif dan efisien. Dalam proses pengembangannya PT Sarana Multigriya Finansial bekerja sama dengan PT Integra Teknologi Solusi yang berlokasi di Kota Surabaya Jawa Timur karena memiliki tim yang sudah berpengalaman dalam pengembangan E Office sejak tahun 2011 di Kementerian Pendidikan.

 

Latar Belakang Dikembangkannya E Office

Latar belakang dikembangkannya aplikasi E-Office ini adalah untuk mempermudah proses surat menyurat, proses pencarian surat, proses tracking surat, dan proses disposisi. Terlebih untuk tracking surat yang mana surat dapat dilacak sampai di mana prosesnya dan kepada siapa surat dikirim. Sebelum menggunakan E Office kesulitan tersebut lazim dialami di internal PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). Selain itu, juga demi terselenggaranya tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dalam menjawab tantangan ke depan yang ruang dan waktu sudah tidak ada batasannya lagi sehingga perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian untuk dapat bersaing di era industri 4.0 seperti sekarang ini.

Dengan telah selesai dikembangkannya aplikasi persuraatan digital ini harapannya dapat menjadi tools yang dapat mempermudah dan mempercepat proses surat menyurat sehingga ada manfaat nyata yang didapat. Namun, ada hal yang harus diperhatikan, pengembangan sistem informasi tidak semata-mata hanya membuat software saja, ada aspek implementasi harus diperhatikan. Karena banyak perusahaan yang lebih memfokuskan pengembangan software tanpa mempertimbangkan aspek implementasi dengan didukung oleh infrastruktur yang memadai dan SDM yang handal, sehingga menyebabkan pengembangan tersebut menjadi nirfaedah. Oleh karena itu, perlu dicarikan solusi yang paling sesuai dan dengan cara pendampingan yang intensif untuk menjamin kesuksesan implementasi sistem persuratan online ini.

Demikianlah penjelasan mengenai latar belakang dikembangkannya E Office di PT Sarana Multigriya Finansial. Jika instansi Anda belum menggunakan E Office segera hubungi kami. Sekian.