“E-Office ini sangat membantu dan mempermudah dalam proses surat-menyurat. Proses disposisi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa terkendala ruang dan waktu dapat dilakukan melalui laptop maupun gadget.”

E-OfficeAktivitas surat-menyurat di Lembaga Pendidikan yang terbilang cukup padat akan kurang efektif dan efisien waktu jika proses tersebut masih dilakukan secara manual. Proses pembuatan draf surat, mengirim surat, hingga disposisi surat akan membutuhkan waktu yang relatif lama jika proses tersebut masih dilakukan secara manual. Lalu, saat surat atau disposisi surat sudah dikirim, proses pelacakan atau tracking surat akan sulit juga. Yang tidak kalah penting adalah proses penomoran surat yang masih manual dimungkinkan terjadi penomoran yang sama pada surat yang berbeda.

integraOffice Persuratan sebagai aplikasi persuratan yang didesain untuk memudahkan proses surat-menyurat dapat menjadi solusi dalam menjawab permasalahan di atas. Fitur-fitur yang dimiliki sudah terbukti mampu membantu di beberapa instansi baik di lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan, BUMN, BUMD, maupun swasta.

Khusus di Lembaga Pendidikan Politeknik Kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Makassar, Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, dan Poltekkes Kemenkes Mamuju sudah merasakan manfaatnya.

Hal ini diungkapkan oleh Kasubbag Administrasi Umum Poltekkes Kemenkes Mamuju Ibu Rizka Pratiwi Darwan, S.Sos. 

“Sangat membantu kami dalam sistem persuratan, aplikasinya sangat mudah untuk dijalankan. E-Office memudahkan kami dalam melakukan disposisi surat masuk kapan saja dan di mana saja, sehingga sangat mengehamat waktu. Untuk surat keluar sistem penomoran jadi lebih tertata dengan rapi”.

Hal senada diungkapkan oleh Ibu Agnes Imanuella, Sekretaris Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, baliau mengungkapkan 

“Saya pengguna aktif E-Office dan aplikasi ini sangat membantu juga mempermudah dalam proses persuratan. Mudah untuk memasukkan surat, mengirim untuk pejabat yang dituju juga sangat mudah, bisa diakases menggunakan HP dan laptop”.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa E-Office ini sangat membantu dan mempermudah dalam proses surat-menyurat di lembaga tersebut. Proses disposisi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa terkendala ruang dan waktu dapat dilakukan melalui laptop maupun gadget. Fitur penomoran otomatisnya dapat meminimalisir terjadinya penomoran ganda.

Selain itu, E-Office juga mempunyai fitur tracking surat yang mana fitur ini dapat membantu mempermudah dalam melihat sejarah perjalanan surat sehingga proses pengiriman hingga surat sampai tujuan dapat terdokumentasi dengan baik dan rapi.

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi persuratan yang berhasil membantu digitalisasi rersuratan di beberapa Poltekkes Kemenkes. Jika instansi Anda belum menggunakan aplikasi surat-menyurat segera hubungi kami. Sekian.