“E Office Persuratan merupakan aplikasi persuratan yang membantu administrasi birokrasi perkantoran dan menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).”

E Office – Perkembangan teknologi di Indonesia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global. Menyadari tentang perkembangan teknologi saat ini, beberapa badan usaha maupun instansi pemerintahan berusaha untuk memanfaatkan ini, dan sebagian berupaya  mengembangkan kembali untuk menyesuaikan kebutuhan pasar atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka. Seperti peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja atau peningkatan goals mereka dalam konteks tertentu. Oleh sebab itu kemampuan adaptasi di tengah era Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah tuntutan sekaligus kebutuhan agar mampu bersaing dalam ruang lingkup lokal maupun global. 

Salah satu produk sebagai bentuk perkembangan teknologi yang saat ini terus dikembangkan adalah E Office Persuratan. E Office Persuratan merupakan aplikasi persuratan yang membantu administrasi birokrasi perkantoran dan menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Mendukung program nasional tersebut, PT Integra Teknologi Solusi memanfaatkan infrastruktur digital dan melihat hal ini sebagai sebuah peluang di tengah ketersediaan inovasi teknologi. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Integra Teknologi Solusi tidak hanya fokus pada pelayanan birokrasi di instansi pemerintahan saja, tetapi juga organisasi, badan usaha swasta maupun negara. Nilai guna produk ini kemudian menjadi keunggulan di tengah kebutuhan masyarakat dalam menjalankan aktivitas yang berkaitan birokrasi dan persuratan. Dengan demikian E Office Persuratan merupakan jalan keluar dari kendala tersebut, aplikasi ini memfasilitasi instansi dan organisasi dalam mengelola dokumen surat masuk, surat keluar dan disposisi surat serta mampu mereformasi administrasi birokrasi perkantoran dan menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik. 

Lembaga pendidikan merupakan salah satu sektor yang tidak luput dengan kebutuhan pemanfaatan perkembangan teknologi saat ini. Kebutuhan untuk bekerja secara efisien dan efektif menjadi sebuah keniscayaan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa atau berbagai kelompok kepentingan yang ada. Oleh sebab itu beberapa lembaga pendidikan seperti Politeknik Kesehatan (Poltekes) Mamuju, Makassar dan  Palangka Raya menggunakan E Office untuk menunjang capaian goals dalam konteks pelayanan pendidikan. Seperti Poltekes Makassar, kebutuhan aplikasi persuratan seperti E Office persuratan sangat tinggi karena beragamnya permasalahan administrasi dan birokrasi. Tingginya intensitas kegiatan yang menggunakan surat konvensional atau fisik memiliki potensi masalah di kemudian hari yang besar. Setelah menggunakan E Office Persuratan sejak tahun 2018, aktivitas persuratan di Poltekes Makassar menjadi lebih tertata. Terlebih pada kegiatan persuratan yang mampu dikendalikan atau dipantau melalui mobile phone membuat pekerjaan administrasi dan birokrasi menjadi lebih mudah.

Beberapa pengguna turut memberikan testimoni mengenai E Office Persuratan. Sekretaris Direktur Poltekes Palangka Raya, Agnes Imanuella, mengungkapkan bahwa E-Office sangat memberikan manfaat dan kemudahan dalam pekerjaan di lingkungan Poltekes Palangka Raya. Imanuella mengungkapkan bahwa “Mudah untuk memasukan surat, mengirim untuk pejabat yang dituju juga sangat mudah, bisa diakses menggunakan HP dan laptop”.  Selain itu, Kepala Sub-bagian Administrasi Poltekes Mamuju, Rizka Pratiwi Darwan, juga memberikan komentar tentang penggunaan E-Office. Rizka mengatakan bahwa “Sangat membantu kami dalam sistem persuratan, aplikasi sangat mudah dijalankan. E-Office memudahkan kami dalam melakukan disposisi surat masuk kapan saja dan di mana saja, sehingga sangat menghemat waktu. Untuk surat keluar sistem penomoran jadi lebih tertatat dengan rapi”.

Secara umum beberapa komentar dari pengguna tentang E-Office sangat konstruktif dan menginsiprasi bagi semua orang untuk memperoleh kemudahan dalam menjalan pekerjaan yang berkaitan tentang persuratan atau birokrasi. Tunggu apa lagi untuk menggunakan E-Office Persuratan, beberapa di antara mereka yang menggunakan E-Office Persuratan mencapai tujuan teknis kerja yang diinginkan. Di samping itu, produk dari PT Integra Teknologi Solusi sangat mengedepankan kemudahan pengguna (user-friendly) sehingga “ramah” untuk berbagai kalangan. Masih bingung dengan beberapa fitur dari kami, Sobat Office dapat konsultasi dengan petugas kami secara gratis.