Manfaat Menggunakan Aplikasi E Surat inOffice

2024-01-03T08:47:09+07:00 February 8th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , , |

“Aplikasi E-Surat diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai pengelolaan informasi dan data untuk kebutuhan internal sehingga kalancaran birokrasi dapat menjadi penunjang dalam mencapai visi dan misi perusahaan.”

integrasolusi.com – dikembangkan sebagai sebuah sistem yang bertujuan untuk membantu kegiatan perkantoran secara digital untuk mendukung proses pengelolaan administrasi perkantoran khususnya yang berhubungan dengan proses surat-menyurat. Yang mana dalam penerapan atau implementasinya akan banyak sekali manfaat dari aplikasi e-surat ini. Aplikasi e-surat ini tidak hanya dapat digunakan pada kantor pemerintahan saja. Namun di perusahaan swasta, kampus, dan organisasi atau instansi lain juga dapat diimplementasikan.

Manfaat Aplikasi E Surat

Manfaat aplikasi e-surat adalah untuk mengelola dan menyimpan dokumen persuratan seperti surat masuk, surat keluar, disposisi masuk, disposisi keluar, dan juga dapat digunakan untuk membuat draf surat sebelum dikirim menjadi surat keluar. Implementasi e surat juga mampu:

E Surat Memberikan Kemudahan Dalam Komunikasi dan Koordinasi

Dengan menggunakan e surat apabila terdapat pekerjaan yang berkaitan dengan administratif yang membutuhkan dikerjakan oleh banyak divisi atau karyawan maka perkerjaan tersebut akan mudah dilakukan. Karena, setiap pengguna atau orang yang terlibat dalam pekerjaan tersebut akan mendapatkan pemberitahuan lewat aplikasi. Selain itu, tujuan reformasi birokrasi untuk kinerja yang lebih produktif dan efisien akan mudah dicapai dengan aplikasi e surat ini.

Meningkatkan Kinerja Dengan Konsep Paperless

Dengan konsep paperless sudah tentu tidak membutuhkan lagi kertas untuk mencetak dokumen surat. Proses surat-menyurat dilakukan secara digital melalui aplikasi e surat, hal ini sangat memangkas waktu dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk mendukung kelancaran dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sehingga kualitas layanan administrasi dapat ditingkatkan dan tentu saja dapat meningkatkan kinerja.

Baca juga:  PT Geo Dipa Energi Digitalisasi Proses Surat-Menyurat dengan inOffice

Selain itu, isu lingkungan menjadi concern masyarakat dunia saat ini. Dengan berkurangnya penggunaan kertas, maka menurun pula penebangan pohon sebagai bahan baku pembuat kertas sehingga pemanasan global dapat ditekan.

Menjadi Penyimpan Data

Dengan implementasi e-surat, semua surat masuk dan surat keluar dapat disimpan dengan aman tanpa khawatir kehilangan data sehingga jika dibutuhkan kapan pun dan di mana pun dapat dengan mudah didapatkan. Dengan kata lain, implementasi e-surat juga berfungsi sebagai media penyimpanan data khususnya data persuratan.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, e-surat juga diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai pengelolaan informasi dan data untuk kebutuhan internal sehingga kalancaran birokrasi dapat menjadi penunjang dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Yang tidak kalah penting e-surat juga sudah mendukung gerakan go green karena dengan mengimplementasikan e-surat sudah pasti akan paperless.

Sampai dengan saat ini aplikasi e surat  terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan klien. Hal ini dilakukan dengan harapan aplikasi e-surat ini dapat lebih optimal dalam membantu pekerjaan administrasi perkantoran.

Itulah penjelasan mengenai manfaat menggunakan e-surat. Jika instansi Anda belum menggunakan aplikasi e-surat segera hubungi kami.  Have a nice day!