Aplikasi persuratan digital E-Surat adalah sebuah aplikasi elektronik yang berbasis web dan mobile application, yang dirancang dan dikembangkan khusus untuk membantu mempermudah proses surat-menyurat dan disposisi yang ada, termasuk juga monitoringnya.

E-Surat merupakan alat komunikasi dalam penyampaian informasi  secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain, informasi yang ada dalam surat harus jelas dan terinci serta harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan yang penting juga adalah harus jelas maksud dan tujuan surat tersebut. Dalam kaitannya dengan jalannya aktivitas di organisasi/perusahaan, proses surat-menyurat merupakan aktivitas yang penting sebagai media penyampai informasi, baik ke internal atau ke pihak eksternal di luar organisasi/perusahaan.

Dalam prosesnya, surat-menyurat juga dibarengi dengan adanya proses pendelegasian tugas atau biasa kita kenal dengan proses disposisi, proses disposisi ini biasanya dilakukan oleh pimpinan atau level atasan yang memberikan tugas kepada para bawahannya, sebagai tindak lanjut surat masuk yang diterima. 

 

Masalah dalam Monitoring Surat dan Disposisi

Setelah proses surat-menyurat dan disposisi berjalan, selanjutnya akan ada proses monitoring terhadap surat dan disposisi tersebut, dalam aktivitas monitoring surat disposisi ini, terkadang muncul masalah-masalah. Biasanya yang sering terjadi adalah masalah miskomunikasi dan  juga bisa terjadi miskoordinasi antara staf ataupun antar stakeholder dalam suatu organisasi/instansi.

Itu semua bisa saja terjadi, karena masing-masing individu yang terlibat dalam proses persuratan dan disposisi  kurang memahami bagaimana seharusnya  sebuah alur birokrasi itu berjalan dan apa dampaknya apabila salah satu proses tidak berjalan sebagaimana mestinya, selain itu sistem atau cara yang digunakan dalam proses persuratan dan disposisinya masih menggunakan cara-cara lama manual konvensional yang kurang efektif jika diterapkan pasa masa yang serba kompleks seperti  saat ini.

Misalnya tingginya intensitas persuratan dalam suatu organisasi/instansi yang tinggi, tidak dibarengi dengan tata kelola persuratan yang baik, pastinya akan menimbulkan permasalahan tersendiri bagi organisasi/perusahaan, belum lagi masalah lambatnya proses disposisi karena mobilitas pimpinan yang tinggi, bisa menyebabkan terhambatnya suatu proses kegiatan dan dapat berpengaruh besar terhadap jalannya aktivitas yang lainnya. Nah oleh karena itu perlu adanya monitoring yang tepat pada proses persuratan dan disposisi 

 

Solusi Aplikasi E-Surat dan Manfaatnya

Nah dalam hal monitoring surat dan disposisi dengan mudah dan  agar berjalan sesuai alurnya, organisasi/perusahaan tak perlu khawatir lagi, manfaatkan saja aplikasi persuratan digital ESurat. Karena aplikasi persuratan digital E Surat adalah sebuah aplikasi elektronik yang berbasis web dan mobile application, yang dirancang dan dikembangkan khusus untuk membantu mempermudah proses surat-menyurat dan disposisi yang ada, termasuk juga monitoringnya.

Berikut  ini ada beberapa contoh manfaat dari ESurat :

  1. Monitoring surat dan disposisi lebih cepat dan tepat.
  2. Koordinasi semakin mudah. 
  3. Digitalisasi konten secara elektronik (Paperless). 
  4. Pencarian dokumen lebih cepat.
  5. Menghemat anggaran kertas.
  6. Anywhere, Anytime. 

Itulah  beberapa manfaat menggunakan aplikasi persuratan digital E-Surat  yang membantu mempermudah monitoring dan koordinasi pada proses persuratan dan disposisi dalam sebuah organisasi/perusahaan agar lebih mudah dan berjalan sesuai alurnya.

 

Nah bagi Anda yang Ingin tahu bagaimana implementasi dan detail informasi terkait mudahnya monitoring surat dan disposisi  dengan aplikasi E-Surat ?

Langsung saja klik di sini Atau hubungi kami jika ada pertanyaan lebih lanjut

 

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat 🙂