Aplikasi E-Surat, Mudahkan Proses Surat-menyurat Perusahaan Anda

2023-05-23T15:16:17+07:00 September 28th, 2022|Categories: Persuratan|

E Surat – Sejarah e-surat tidak terlepas dari surat itu sendiri. Surat merupakan sarana informasi berisi tulisan yang dilakukan oleh satu pihak dengan pihak lain. Tujuannya adalah untuk saling menyampaikan dan bertukar informasi. Di Indonesia sendiri, aktivitas surat menyurat sudah ada sejak zaman Kerajaan Kutai, Pajajaran, Mataram, Tarumanegara, Sriwijaya, hingga Majapahit. Sejak saat itu, surat terus berkembang dan digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk urusan bisnis perusahaan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, surat yang tadinya dikirimkan dalam bentuk fisik mulai mengalami perubahan dengan hadirnya e surat. E-surat sebagai aplikasi persuratan digital memudahkan perusahaan, instansi, lembaga, maupun organisasi yang menggunakannya.

Bagaimana Aplikasi E-Surat Memudahkan Proses Surat-menyurat?

Metode surat-menyurat konvensional semakin tidak relevan dengan perkembangan zaman yang serba cepat. Implementasi e-surat untuk bisnis bisa memberi Anda sejumlah kemudahan. Apa saja?

  • Mengefisienkan proses kerja. Dengan menggunakan aplikasi e-surat, proses pengiriman surat bisa dilakukan secara bersamaan sehingga menghemat waktu dan tenaga.
  • Mencegah penomoran berulang. Surat resmi biasanya disertai dengan nomor untuk memudahkan pelacakan dan pengkategorian surat. Sistem e-surat membuat Anda lebih mudah membuat penomoran sehingga menghindari penomoran ganda/berulang.
  • Memudahkan proses pencarian jika surat dibutuhkan lagi suatu saat. Dalam proses bisnis, adakalanya staf Anda harus mencari lagi surat lama untuk kebutuhan yang mendesak. Proses pencarian manual memakan banyak waktu. Dengan sistem e-surat, Anda cukup mengetik kode saja, maka surat yang dicari akan muncul dalam hitungan detik.
  • Memudahkan proses penyimpanan surat. Surat konvensional harus disimpan dan dikategorikan secara manual dengan menggunakan map dan rak. Selain memakan tempat dan biaya penyimpanan, surat semacam ini berisiko rusak dan hilang. Dengan sistem e-surat, semua berkas surat disimpan di dalam cloud sehingga tidak bisa rusak, hilang serta bisa diakses dari mana saja.
  • Memudahkan tracking dan disposisi surat secara real-time.

Teknologi e-surat menawarkan banyak kemudahan yang akan membuat proses bisnis berjalan lebih efisien. Bersama integraOffice Persuratan Online, wujudkan sistem surat menyurat yang lebih efisien dan praktis sehingga Anda bisa fokus pada hal-hal yang jauh lebih penting bagi bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga di sini.