E Surat: Solusi Jitu Problem Surat-menyurat dan Kearsipan

2023-05-23T15:57:19+07:00 February 3rd, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , |

E surat adalah sebuah aplikasi berbasis komputer yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga bisa diakses melalui web atau mobile. Urusan persuratan menjadi jauh lebih mudah pengarsipan dan pencatatannya dibanding ketika dilakukan secara manual. 

 

E Surat – Sekian lama, surat menjadi salah satu media komunikasi penting di mana nyaris tidak ada satupun bidang usaha atau bisnis yang tidak menggunakannya. Selain fungsi utamanya sebagai penyampai informasi, surat juga dapat berfungsi sebagai media dokumentasi untuk menyimpan hal-hal apa saja yang terjadi. 

Ia juga berperan sebagai bukti historis atau alat bukti tertulis yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan kajian atau riset, juga pedoman kerja di kemudian hari.

Pada umumnya para pengguna membutuhkan kertas, sekaligus perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman, terutama jika surat perlu dikirimkan ke alamat tertentu, sebagai metode manual atau konvensional persuratan. 

Ada juga kartu pos, selembar kertas berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis pesan dan mengirimkannya tanpa amplop dengan harga yang relatif lebih murah. Atau jika disebutkan berdasar bentuknya, ada juga surat yang disebut dengan memo, nota, atau surat tanda bukti. Kesamaan aktivitas surat-menyurat ini membutuhkan kertas sebagai media utama di mana pesan akan dituliskan. 

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, banyak lembaga mulai mencari cara bagaimana mengatasi problem yang muncul bersama tumpukan kertas surat ini. Kegiatan lembaga dan organisasi berjalan terus sepanjang waktu bersama dengan terbit, datang, dan keluarnya surat. Itu artinya, akan semakin banyak surat yang menggunung. Kebutuhan akan kapasitas ruang kearsipan yang lebih besar akan terus menjadi kendala. Belum lagi ditambah dengan proses pemeliharaannya yang memakan banyak waktu dan tenaga.

 

Hadirnya surat elektronik atau e-surat, ibarat oasis di tengah gurun pasir. Ia menjadi semacam jalan yang membawa organisasi pada kemudahan dan efisiensi kerja. 

E surat adalah sebuah aplikasi berbasis komputer yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga bisa diakses melalui web atau mobile. Urusan persuratan menjadi jauh lebih mudah, sistem kearsipan dan pencatatannya dibanding ketika dilakukan secara manual. 

Dengan menggunakan E-surat, artinya lembaga atau perusahaan Anda telah turut berpartisipasi atas upaya penghijauan dengan menurunkan tingkat penggunaan kertas yang mungkin dipakai selama penyuratan konvensional. 

Sistem surat elektronik ini sendiri sudah dibekali dengan fitur penataan arsip secara sistematis yang akan menyimpan surat-surat Anda secara digital, sesuai dengan peraturan kearsipan yang Anda terapkan. Seluruh dokumen keluar, masuk dan disposisi surat terekam secara detail dan rapi dalam ruang penyimpanan digital atau cloud system, sehingga kemungkinan rusak atau hilang tidak akan mungkin terjadi.

Penerapan e-surat dalam aktivitas kerja Anda, jelas akan banyak membantu memotong waktu yang mungkin terbuang sia-sia untuk menunggu. Sistem e surat berjalan secara real time, yang artinya Anda bisa dengan segera mengirim, menerima, mengoreksi kesalahan, mengirimkan ulang, dan menyetujuinya secara langsung tanpa perlu mencetak dan mengirimkan hardcopy. 

Sifatnya yang praktis dan efisien membuat Sobat Office dengan mudah menyelesaikan urusan persuratan kapan pun dan di mana pun dengan segera !

Aplikasi E-Surat integraOffice menghadirkan fitur lengkap yang disediakan khusus untuk Anda, sehingga pelaksanaan kegiatan administrasi akan berjalan lebih cepat, transparan, tertib, akurat, dan aman. Terwujudnya birokrasi modern yang mendukung program sistem pemerintahan berbasis elektrik (SPBE) bukan lagi hanya sebatas angan anda sobat office saja.

Aplikasi e-surat integraOffice dapat dikustomisasi atau dikenal custom sesuai kebutuhan dan proses bisnis Anda, namun tetap dengan biaya operasional yang efektif. Anda juga dapat mengintegrasikan sistem e surat yang ada dengan sistem lain seperti halnya dengan Layanan Sertifikasi Elektronik untuk kebutuhan tanda tangan digital Anda. 

Jadi, tunggu apa lagi. Diskusikan segera kebutuhan surat-menyurat Anda dengan tim terbaik kami dan buat bisnis Anda berjalan lebih cepat dan mudah!

Info lebih lengkap klik di sini.

referensi : 

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/e-office-modernisasi-persuratan-di-era-digital/

Baca juga:  Dokumen Manajemen Sistem Solusi Alternatif Pengelolaan Dokumen Anda