integrasolusi.com – Tidak ada seorang karyawan atau anggota organisasi yang mau karirnya stagnan atau hanya disitu situ saja. Setiap karyawan pastinya ingin punya pengembangan karir dan menjadi lebih baik lagi dari kondisinya saat ini. Masalahnya, bagaimana caranya agar karir bisa melejit, tidak hanya bertahan di suatu posisi saja. Pengembangan karir sendiri merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan status dan posisinya dalam suatu perusahaan, maupun organisasi, pada jalur karir yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Setidaknya ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pengembangan karir seseorang, di antaranya adalah prestasi kerjanya, pengenalan prestasi kerja itu dan kemampuan lainnya oleh pihak yang berwenang, loyalitasnya pada perusahaan atau organisasi, dan kesempatan untuk berkembang, misalnya dengan adanya pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan atau didanai oleh perusahaan/organisasi. Tujuan dari pengembangan karir sendiri adalah meningkatkan kesejahteraan. Karyawan atau anggota organisasi yang membaik kesejahteraannya tentu akan memiliki loyalitas yang semakin tinggi, sehingga hal ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan atau organisasi. Dengan pengembangan karir, karyawan atau anggota organisasi pun bisa lebih mengenali potensinya, sehingga dia juga disadarkan memiliki kemampuan untuk menempati jenjang atau status yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Namun, perlu diketahui bahwa kita hidup pada era di mana sering terjadi pemutusan hubungan kerja. Banyak perusahaan ragu untuk berinvestasi pada pengembangan karir individu karyawannya. Mereka khawatir, karyawan atau anggota organisasi yang bersangkutan akan pindah ke tempat lain sebelum perusahaan atau organisasi mendapatkan keuntungan atas investasi yang ditanamkannya pada program pengembangan karir tersebut. Oleh karena itu, daripada mengasah kemampuan karyawan atau anggota organisasi yang sudah ada, mereka memilih untuk mengambil orang baru dengan kemampuan yang lebih baik dan melakukan PHK terhadap karyawan atau anggota organisasi yang tidak mampu meningkatkan prestasinya.

Itulah sebabnya, pengembangan karir mandiri menjadi komponen yang semakin penting dalam keberhasilan individu di tempat kerja. Pengembangan karir diri adalah cara yang efektif, bahkan dalam beberapa kasus menjadi satu-satunya cara untuk mempercepat naiknya jenjang karier. Setidaknya kami coba merangkumkan 3 strategi yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat pengembangan karir Anda menjadi lebih cepat.

  1. Menjadi Pro-Aktif

Menjadi karyawan atau anggota organisasi saat ini, Anda tak lagi dapat berasumsi bahwa karir Anda dapat terus naik begitu saja sepanjang jalur karir yang telah ditetapkan perusahaan atau organisasi. Anda harus lebih bertindak strategis dengan menguasai keterampilan-keterampilan yang dapat Anda tunjukan untuk memperoleh posisi yang lebih tinggi. Selain itu, berjejaringlah dan bangun pendukung yang kuat untuk itu. Salah satu cara berjejaring adalah dengan menemukan seorang mentor yang dapat membantu Anda mengembangkan diri, memberikan pemahaman lebih baik mengenai budaya perusahaan atau organisasi, serta mengembangkan perspektif-perspektif baru.

 

  1. Menjadi CMO Bagi Diri Sendiri

Mampu memasarkan atau mengiklankan diri sendiri ternyata bagus untuk pengembangan karir. Belajarlah menjadi “Chief Marketing Officer” atau CMO bagi diri sendiri. Sehingga, Anda akan selalu mencoba menganalisa, memperbaiki, dan meningkatkan kinerja Anda, serta menonjol di tempat kerja. Salah satu cara menjadi unggul dalam kompetisi di perusahaan atau organisasi adalah melalui pendidikan dan pelatihan. Banyak sekali pilihan tersedia untuk itu.

 

  1. Mintalah Umpan Balik Meskipun Negatif

Beberapa dekade lalu, yang disebut individu ideal untuk dipromosikan dalam perusahaan atau organisasi adalah mereka yang loyal dan pekerja keras. Namun saat ini telah berubah. Pada saat kecerdasan buatan semakin banyak menggantikan tugas manusia dan merevolusi pasar tenaga kerja, penguasaan soft-skill dan kecerdasan emosional menjadi andalan. Bahkan  kecerdasan emosional akan menjadi salah satu keterampilan pekerjaan paling vital pada tahun 2020.

Memastikan kekuatan dan kelemahan dalam soft-skills adalah langkah pertama yang penting untuk melakukan perbaikan. Cara terbaik bagi Anda untuk mengukur kemampuan itu adalah dengan meminta umpan balik dari orang lain. Mencari umpan balik tentang apa yang Anda lakukan, seburuk apapun kenyataan umpan balik itu, sangat penting untuk pengembangan karir.

 

 

 

 

 

 

Sumber
https://presenta.co.id/artikel/strategi-pengembangan