Implementasikan Tanda Tangan Elektronik BSrE, Kemendikbud Gandeng integraOffice dalam Proses Integrasi

2022-08-31T14:13:28+07:00

Tanda Tangan Elektronik – Di era digital seperti saat ini sudah jarang sekali kita melihat surat yang masih ditulis dengan tangan. Bahkan, tidak jarang bahwa surat tersebut tidak dicetak melainkan dikirimkan melalui email. Mungkin surat masih akan dicetak ketika surat tersebut butuh untuk ditandantangani. Dalam suatu instansi atau perusahaan pasti surat menyurat sangat dibutuhkan, entah sebagai perintah ataupun pengumuman. Supaya surat tersebut resmi maka harus ada tanda tangan dari pejabat dari instansi atau perusahaan tersebut.

Masalah yang sering timbul akhirnya adalah ketika surat tersebut butuh untuk ditandatangani oleh pejabat terkait untuk urusan administrasi atau pengambilan keputusan. Karena nyatanya seorang pejabat tidak selalu ada di kantor, seringkali mereka melakukan perjalanan dinas ke luar kota bahkan luar pulau. Akhirnya surat yang sudah selesai dan hanya tinggal membutuhkan tanda tangan hanya untuk persyaratan administrasi jadi tertunda. Pengambilan keputusan perusahaan atau instansi tersebut pun tertunda karena pejabat tersebut tidak berada dikantor.

Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang bisa membubuhkan tanda tangan secara digital. Agar sesorang pejabat melakukan tanda tangan dimana saja dan kapanpun dengan mudah. Agar kegiatan administrasi dikantor tersebut menjadi efisien dan tidak membuang banyak waktu hanya karena menunggu pimpinan berada dikantor. Selain itu seringkali tanda tangan manual bisa dipalsukan dan susah diverifikasi kebenarannnya. Selain untuk tanda tangan digital kapanpun dan dimanapun, sistem ini juga harus aman dan tanda tangan dipastikan untuk tidak dapat dipalsukan.

Tanda tangan elektronik itu sendiri adalah tanda tangan biasa yang memiliki fungsi sama seperti tanda tangan di atas kertas namun bersifat elektronik. Tanda tangan digital ini memiliki algoritma sendiri yang dikeluarkan oleh CA (Certification Authority) sehingga kemungkinan untuk dipalsukan mendekati nol.

Dalam kasus ini Kemendikbud RI menggandeng IntegraOffice dalam proses integrasi TTE dari BSrE selaku Government Certification Authority (GovCA) di Indonesia. BSrE sendiri adalah penyelenggara sertifikat digital dari pemerintah yang berfungsi sebagai pihak yang menerbitkan, melakukan validasi dan mengelola sertifikat digital yang diperuntukkan bagi sistem elektronik di pemerintahan maupun swasta.

Visi PT Integra Teknologi Solusi untuk melakukan transformasi digital telah selangakh lebih maju dengan membuat Serifikasi Tanda Tangan Digital yang akan diimplementasikan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2019. Ingin perusahaan anda selangkah lebih maju dengan Kemendikbud? Join With Us and Transform Your Bussines to Digital!