Inilah Strategi Telemarketing yang Harus Anda Ketahui!

2021-04-06T18:15:47+00:00

Strategi Unggulan – Telemarketing merupakan salah satu strategi dalam memasarkan produk. Meskipun sekarang sudah di era digital, telemarketing masih sangat ampuh digunakan dalam memasarkan suatu barang. Oleh karena itu, masih banyak perusahaan yang masih menggunakan strategi ini agar bisnisnya tetap dapat bersaing di masa yang akan datang.

Pengertian telemarketing adalah strategi marketing dengan menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan melalui telepon. Menurut para ahli pemasaran, menawarkan produk atau jasa melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya berbicara secara personal langsung kepada klien. Akan tetapi, telemarketing akan berdampak negatif jika sasaran dari produk yang dipasarkan bukanlah calon pembeli atau klien potensial, atau telemarketer yang menawarkan produk terlalu memaksa calon klien untuk membeli produknya. Dikutip dari berbagai sumber, agar kesan negatif tidak terjadi pada Anda sebagai telemarketer, berikut adalah cara atau strategi yang harus Anda ketahui.

  1. Penguasaan product knowledge

Ini adalah hal mendasar yang harus dikuasai oleh telemarketer, sebelum menerangkan produk kepada calon klien, telemarketer harus paham terhadap produk yang akan ditawarkan, harus paham manfaat atau benefit yang didapat jika menggunakan produk yang ditawarkan. Ada istilah bahwa sebelum Anda menyakinkan orang lain, Anda harus meyakinkan pada diri sendiri tentang manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

  1. Menentukan goal, plan, dan gunakan skrip.

Tujuan utama dari telemarketing adalah mencari peluang. Setelah mendapatkan peluang, langkah selanjutnya adalah menentukan rencana siapa yang akan dituju untuk menerima panggilan. Untuk menunjang rencana tersebut diperlukan skrip yang digunakan untuk pedoman dalam berbicara atau meminta untuk disambung dengan pihak tertentu agar apa yang disampaikan bisa lebih profesional.

  1. Mengetahui informasi dari calon klien

Kegiatan telemarketing sering dirasa mengganggu bagi sebagian orang karena merasa tidak membutuhkan produk yang ditawarkan. Jika tidak ingin mengalama hal tersebut, sudah menjadi keharusan bagi telemarketer untuk mencari informasi tentang calon klien yang akan dihubungi, sehingga calon klien yang dihubungi merupakan orang atau instansi yang tepat sesuai dengan pangsa pasar dari produk yang ditawarkan dan tentunya dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi oleh klien yang dihubungi.

  1. Besikap ramah dan wajar

Telemarketing adalah mengubungi orang lain dengan telepon, yang berarti mengajak orang lain untuk berkomunikasi tanpa melihat ekspresi wajah atau bahasa tubuh dari Anda. Maka, hal yang harus dikuasi oleh telemarketer adalah penggunaan intonasi bicara yang ramah dan tidak kaku namun tidak terkesan di-lebay-lebay-kan; bersikap luwes dan tidak harus selalu membahas tentang produk yang ditawarkan misal menanyakan kabar atau ngobrol tentang berbagai hal yang lagi tren juga bisa dilakukan.

  1. Bertanya dengan efektif dan efisien.

Sebagai telemarketer Anda harus sadar bahwa calon klien yang Anda hubungi tidak selalu memiliki waktu luang, maka sudah seharuanya seorang telemarketer memiliki daftar pertanyaan yang efisien untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Menggali informasi tentang kebutuhan klien tanpa harus berbelit-belit adalah cara yang paling efektif untuk mengetahui kebutuhan dari calon klien.

Demikian adalah penjelasan terkait strategi telemarketing yang harus diketahui oleh telemarketer. Semoga dapat menjadi pedoman agar dapat menjadi telemarketer yang handal dan tentunya untuk kebaikan perusahaan tempat Anda bekerja atau untuk usaha yang Anda kelola. Semangat sobat office lakukan terbaik untuk perusahaan anda !

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp