integraOffice : Membangun Brand Awareness Dengan SEO dan Google Ads

integrasolusi.com – Seperti yang kita ketahui bersama, sebuah brand merupakan indentitas yang sangat penting dari suatu produk atau layanan untuk membedakan dari kompetitor lain pada segmen pasar yang ada. Dengan sebuah brand, dapat memudahkan perusahaan untuk mendefinisikan  dan mengklarifikasikan produk atau layanan yang ditawarkan kepada public pada segmen pasar yang telah ditentukan. Selain itu, dengan sebuah brand, dapat menilai bahwa perusahaan Anda adalah yang terbaik, oleh karena itu metode branding dari sebuah produk atau layanan harus tepat dan efektif serta berdampak bagus di masyarakat (konsumen). Karena dengan branding yang tepat, tentunya dapat meningkatkan reputasi bisnis dari perusahaan, bisa mendatangkan konsumen baru, dan pastinya membantu kita dalam hal pemasaran, yaitu dengan iklan. Untuk menunjang itu semua, tentynya harus diikuti dengan brand awareness yang kuat.

Brand awareness sendiri merupakan kemampuan konsumen dalam mendefinisikan, mengenali dan mengingat dari sebuah brand (merek) produk atau jasa layanan. Dengan brand awareness yang kuat, dapar mendorong konsumen untuk bisa lebih loyal dengan produk atau jasa layanan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga dapatmembentuk sebuah cluster/ kelompok konsumen atau penjualan. Dengan brand awareness yang kuat, dapat membantu perusahaan mampu maju bersaing dan unggul dalam persaingan pada segmen pasar tertentu, karena disini, konsumen akan cenderung lebih memilih dan menggunakan brand (merek) yang dikenalnya, sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan perusahaan.

Nah,karena itulah, PT. Integra Teknologi Solusi dengan produk unggulannya yang membantu dan menjadi solusi berbagai masalah perkantoran (office) yang inovatif di bidang teknologi informasi, dengan brand integraOffice. Dengan brand integraOffice, konsumen akan lebih mudah mengenali dan dan mengingat integraOffice, serta secara tidak langsung konsumen juga dapat mendefinisikan dan mengklarifikasi bahwa integraOffice adalah debuah produk dan layanan yang berhubungan dengan aktivitas perkantoran masa kini (e-Office). Untuk meningkatkan brand awareness-nya, selain melalui media sosial beserta campaign-nya,  integraOffice melakukan metode lainnya, yaitu dengan meningkatkan SEO atau Search Engine Optimization dan juga menggunakan pemasaran pada mesin pencarian yang sekarang banyak digunakan yaitu dengan Google Ads.

Baca juga:  Holiday is Over ! Saatnya Bekerja Kembali Bersama integraOffice

Berikut cara umum meningkatkan brand awareness dengan SEO, yaitu antara lain :

  1. Membuat target kata kunci (keyword) yang tepat.

Dengan membuat target kata kunci (keyword) yang tepat pada halaman website, akan dapat membantu website mendapat posisi yang baik pada mesin pencarian dan mudah untuk ditemukan. Ada 3 tools yang dapat membantu menemukan kata kunci yang tepat, yaitu :

  • Google keyword planner
  • KWfindeer
  • Google suggest

 

  1. Dengan konten yang berkualitas pada blog website untuk mengoptimalkan SEO.

Dengan konten yang berkualitas akan memudahkan untuk melakukan optimalisasi SEO dan menaikkan ratinga dan posisi website pada mesin pencarian. Selain mampu menarik perhatian dari pengunjung website, konten yang tepat akan  membuat betah di website perusahaan dan pada akhirnya akan melakukan CTA (Call To Action)

 

  1. Evaluasi SEO

Evaluasi ni dilakukan untuk mengetahui apakah SEO yang kita pakai sudah tepat atau belum, dan juga kita bisa mengetahui mana-mana saja yang performanya naik dan yang turun. Nantinya kita bisa menentukan langkah berikutnya untuk optimalisasi SEO kembali.

 

Selanjutnya mngukur brand awareness dengan menggunakan Google Ads, tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen ketika sedang melakukan pencarian di mesin Google. Yang setidaknya, konsumen bisa masuk ke website perusahaan dan berinteraksi dengan membaca artikel, mencari dan melihat informasi tentang produk dan layanan yang tentu saja tujuannya adalah CTA ( Call To Action) untuk membeli atau menggunakan produk dan layanan Anda.

Dalam Google Ads ini, metric yang harus digunakan adalah :

  1. Impression

Impression ini menjelaskan seberapa sering iklan Anda tayang dan dilihat oleh audience. Ini sangat penting dalam brand awareness, salah satu cara meningkatkan impression adalah dengan menggunakan bidding CPM ( Cost Per 1000 Impression)

  1. Customer engagement
Baca juga:  Ingin Tahu Solusi dari Masalah Persuratan yang Rumit? Simak Penjelasan Berikut!

Dalam hal ini adalah ukuran interaksi antara audience pada iklan dan website berdasarkan kata kunci yang dipasang dan bisa Anda atur untuk campaign  searchnya dengan mengoptmalkan nilai CTR (Click Through Rate) nya  atau dengan kata lain rasio klik tayang yang diharapkan.

  1. Reach and frequency

Metric ini fungsinya memberikan informasi secara detail mengenai seberapa banyak orang yang melihat iklan anda dan seberapa sering mereka melihat iklan Anda yang tentunya akan sangat berpengaruh pada brand awareness produk dan layanan perusahaan Anda.

 

Uraian di atas adalah metode yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness integraOffice pada konsumen, yang tentunya dengan semakin meningkat dan kuatnya brand integraOffice dikenal. Tentunya juga berpengaruh terhadap penjualan produk dan layanannya.

Sudahkan Anda menerapkan brand awareness pada produk dan layanan Anda?

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

Dari berbagai sumber :
https://renrasedoya.com/mengukur-brand-awareness/
https://www.dhadigital.com/peran-seo-dalam-membangun-brand-awareness/
https://whello.id/tips-digital-marketing/cara-membangun-brand-awareness-melalui-seo/