integrasolusi.com – Tidak terasa Tahun 2020 tinggal sebulan lagi, 2020 merupakan tahun yang berat bagi kita semua akibat adanya pandemi covid-19 yang sampai sekarang belum juga berakhir. Akibat pandemi tersebut banyak sektor yang sangat terpengaruh, yang paling terdampak tentunya kesehatan, ekonomi dan pendidikan. Pemerintah sudah sangat berupaya, yang menjadi fokus utama tentunya kesehatan di sisi lain sektor ekonomi yang menjadi pilar utama suatu negara juga tidak boleh berhenti. Sektor pendidikan pun demikian, perkuliahan dan sekolah sebagai pencetak generasi penerus bangsa juga tidak boleh berhenti. Inovasi-inovasi pada sektor ekonomi dan pendidikan harus dilakukan, cara yang paling tepat tentunya dengan melibatkan teknologi.

Tidak dapat dipungkiri peran teknologi dalam segala bidang sangat krusial untuk bisa menjadi pemenang atau minimal dapat bersaing. Hampir semua bidang menjadikan teknologi sebagai pemeran utama. Tentu saja dalam perencanaan, penerapan, dan evaluasi tidak dapat dipandang sebelah mata. Perencanaannya harus tepat dan matang agar align dengan strategi perusahaan, penerapannya pun harus maksimal agar dapat menunjang operasional perusahaan, dan evaluasi yang dilakukan juga harus memberikan feedback yang konstruktif agar dapat menjadi acuan untuk berkembang di masa depan. Hal tersebut tentu saja akan sulit dilakukan secara internal, selain sumber daya manusia yang mungkin belum kapabel, ketidaknetralan juga akan berpengaruh dalam setiap pengambilan keputusan. Maka, menunjuk pihak independen menjadi solusi terbaik dalam setiap perencanaan dan evaluasi, tentu saja dalam hal ini adalah Konsultan Teknologi Informasi. Dalam hal perencanaan ada banyak framework yang bisa dijadikan pedoman, salah satunya adalah TOGAF 9.2 yang sudah banyak diterapkan di perusahaan besar dunia. Sedangkan untuk evaluasi hal yang dilakukan tentu saja dengan melakukan audit, ada banyak cara yang bisa dilakukan di antaranya audit ISO 27001 atau COBIT 5 atau versi lainnya. Yang kesemuanya itu sangat erat kaitannya dengan Teknologi Informasi.

Berkaca dari tahun 2020 penerapan teknologi sudah sangat masif dilakukan tentu saja tahun 2021 juga akan terjadi hal yang sama. Kondisi ini didasari dari semakin meleknya orang terhadap teknologi juga akibat dari keadaan di mana pandemi pun belum tau selesainya kapan sehingga peran teknologi akan sangat dimaksimalkan. Dikutip dari berbagai sumber tren teknologi yang diprediksi akan berkembang di tahun 2021 di antaranya adalah:

  • All Photonic Network (APN): teknologi ini memungkinkan kita untuk bertukar informasi yang lebih cepat dan hemat daya dengan hanya 1/100 dari konsumsi daya yang dibutuhkan oleh jaringan saat ini. Tentu saja teknologi ini menggunakan kabel optik dan hybrid sehingga akan memperkuat komunikasi global.
  • Cognitive Foundation (CF): teknologi yang berkaitan dengan kecerdasan komputer di mana memungkinkan untuk mengintegrasikan beberapa antar muka seperti suara, video atau lainnya yang mendukung Internet of Things (IoT)
  • Citizen Developer dan Robotic Process Automation (RPA): toknologi ini memungkinkan siapa saja dapat mencipkatakan aplikasi sendiri. Hal ini juga didukung oleh otomatisasi proses robotik untuk mengotomatisasikan proses bisnis tertentu.
  • Komputasi kuantum dan edge: teknologi ini akan memepercepat pemrosesan data. Seperti contoh komputer akan memproses dan mengenali gambar dengan cepat tanpa mengirimkan informasi ke cloud untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu di mana proses komputasi dilakukan secara lokal di tepi jaringan (edge).
  • Cyber Security: Dengan kondisi masih pandemi, keamanan informasi menjadi sangat relevan dan dibutuhkan. Banyak laporan yang menyebutkan telah terjadi peningkatan serangan siber di seluruh dunia selama pandemi. Sementara itu, kebijakan pemerintah untuk kerja dari rumah mengharuskan perusahaan untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan strategi keamanan siber.

Jadi, bersiap dari sekarang dengan perencanaan yang matang dan adaptif terhadap teknologi yang semakin berkembang, akan menjadi kunci persaingan agar bisa menjadi pemenang di tahun depan.

Ingin konsultasi tentang kebutuhan IT? Silakan klik disini