Secara kegunaan, surat merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan untuk mencapaikan informasi penting. Nah, surat ini sendiri biasanya dibagi menjadi dua, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Namun, di beberapa instansi dan perusahaan surat resmi menjadi suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi. 

Dalam menggunakan surat resmi ini tentunya tidak boleh sembarangan. Banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi ketika menuliskan surat ini. Persyaratan tersebut mulai dari format baku, penggunaan kata yang efektif, dan melampirkan informasi yang jelas. 

Melihat pentingnya surat resmi ini, tentunya jenis surat yang satu ini memiliki kegunaan penting di setiap instansi maupun perusahaan. Kira-kira apa saja sih kegunaan dari surat resmi ini? Mari kita simak ulasan di bawah ini. 

 

Kegunaan surat resmi

Berbagai macam surat ini tentunya memiliki urgensi yang berbeda. Jadi Anda bisa mengetahui beberapa surat tersebut dari kegunaanya.

 

1. Sebagai sarana informasi dan pemberitahuan

Kegunaan dari surat resmi ini sangat penting sekali untuk memberikan informasi sekaligus memberikan pemberitahuan mengenai hal-hal khusus yang biasa disampaikan oleh pihak terkait. 

 

2. Sebagai bukti tertulis

Surat di dalam sebuah perusahaan atau dunia industri bisa dijadikan sebuah penanda bahwa surat merupakan dokumen asli yang mana isinya harus bisa dipertanggung jawabkan. 

 

3. Sebagai pedoman kerja

Selain itu, surat resmi juga dibutuhkan untuk acuan langkah-langkah kerja dan juga untuk keperluan tertentu. Jadi fungsinya sangat menentukan ketercapaian kinerja seseorang. 

 

4. Sebagai alat pengingat

Surat resmi juga bisa digunakan sebagai alat pengingat si penerima surat, perorangan, atau organisasi di suatu lembaga. 

 

5. Sebagai bukti historis

Bukti historis di sini dimaksudkan bahwa surat bisa sebagai sumber informasi mengetahui kronologi jika sewaktu-sewaktu bisa diperlukan informasi terkait suatu kejadian. 

Selain itu, surat juga memiliki berbagai macam variasi yang bisa digunakan oleh berbagai kepentingan bisnis atau perusahaan. Nah, biar Anda makin tahu mengenai surat ini, yuk sekarang kita ulas hingga tuntas mengenai jenis-jenis surat resmi. Simak di bawah ini ya.

 

6. Surat permohonan

Surat permohonan ini merupakan salah satu jenis surat yang bisa digunakan untuk menyampaiakan permohonan surat kepada pihak lain. Jenis permohonan ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau beberapa pihak terkait. 

 

  • Surat keputusan

Surat keputusan ini merupakan salah stau surat yang tak hanya dikeluarkan oleh perusahaan saja. Namun juga dikeluarkan oleh berbagai lembaga tertentu. Nah surat ini sangat penting sekali untuk menentukan seuatu keputusan dari perusahaan atau instansi terkait. 

 

  • Surat kuasa

Surat kuasa  biasanya digunakan untuk memberikan wewenang kepada pihak teretntu. Nah surat kuasa ini dilimpahkan kepada penerima kuasa yang ditunjuk. 

Saat ini, untuk menerbitkan surat bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya juga disesuaikan dengan urgensinya masing-masing. Penerbitan surat dengan segala kemudahannya tersebut bisa Anda temukan di E-Office Integra. Surat elektronik yang dimudahkan ini sangat membantu para pekerja terutama di dunia perkantoran dan industri. 

Persuratan dalam bentuk E-Surat ini dapat memudahkan pekerjaan Anda. Yuk segera bergabung!