Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai mahluk sosial tidak akan pernah lepas dari interaksi dengan orang-orang disekitar kita, dimana setiap orang tentu memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda dengan kita. Oleh karena itu mengenali “personality” atau kepribadian diri sendiri menjadi penting karena akan menentukan bagaimana cara kita berinteraksi dan bereaksi terhadap orang-orang disekitar kita. Tentunya personality ini pernah di uji, untuk masing-masing karyawan di PT Integra Teknologi Solusi, dimana HRD Integra memberikan gambaran secara umum tipe personal dari para karyawan tersebut.

Secara umum, ada tiga tipe kepribadian yang perlu Anda kenali, sehingga Anda bisa menyesuaikan sikap ketika berinteraksi dengan orang berkepribadian tertentu sehingga hubungan kita dengan orang sekitar dapat terjaga dengan baik. 

 

  • Introvert 

 

kepribadian introvert ialah mereka yang fokus kepada pikiran, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari diri sendiri. Orang dengan kepribadian introvert dapat dikatakan bisa menemukan energi dari dalam dirinya sendiri, bukan stimulus yang berasal dari luar. 

 

  • Ekstrovet 

 

Orang dengan kepribadian Ekstrovert adalah mereka yang sangat tertarik dengan interaksi sosial, bahkan bisa mengambil energi dari situasi tersebut. Berbeda dengan introvert, orang dengan kepribadian Ekstrovert ini tidak suka menyendiri dan senang berada ditengah orang banyak, sehingga tidak kaget jika orang dengan kepribadian ini lebih banyak memiliki teman.

 

  • Ambivert 

 

Sesungguhnya introvert dan ekstrovert adalah sebuah spektrum. Artinya, tidak semua orang 100% memiliki kepribadian introvert atau ekstrovert, tetapi bisa juga berada di tengah-tengah. Orang dengan Kepribadian ambivert bisa condong ke sisi introvert atau ekstrovert tergantung pada situasi yang mereka hadapi. Pendengar yang baik, bisa mengatur perilaku, dan memiliki empati yang tinggi adalah beberapa ciri orang dengan kepribadian Ambivert.

 

Dari penjelasan mengenai 3 tipe kepribadian diatas, mungkin Anda sudah bisa menilai Anda termasuk dalam kepribadian yang mana. Menurut Husin Baya’sut selaku Corporate Partnership PT Integra Teknologi Solusi mengatakan “Bahwa ketiga kepribadian tersebut bukan semata-mata untuk mengetahui seseorang masuk di kepribadian mana, tetapi lebih  jauh lagi bertujuan supaya kita bisa lebih menyesuakan bagaimana bersikap dengan orang introvert, ekstrovert atau ambivert”. Dengan demikian maka hubungan sosial yang terjalin akan berjalan dengan baik. 

Sumber : 

https://www.merdeka.com/jateng/introvert-adalah-kepribadian-yang-menemukan-energi-dalam-diri-sendiri-ini-karakterny-kln.html

 

https://wolipop.detik.com/love/d-4803879/introvert-ekstrovert-ambivert-apa-definisi-dan-perbedaannya