Persuratan elektronik menjadi salah satu alternatif terbaik yang hadir dengan banyak keunggulan sebagai aplikasi surat-menyurat melalui jaringan komputer dan internet.

 

Pernahkah Anda bertanya, di tengah kondisi kehidupan yang segalanya dituntut serba mudah, cepat, dan instan; mengapa kita tetap menulis atau membutuhkan surat sebagai rujukan untuk urusan dan proses administrasi?

Pada instansi seperti pemerintahan, perkantoran, perusahaan, dan sejenisnya, surat masih dan akan terus menjadi elemen penting yang tidak bisa digantikan. Bagaimana mungkin? Pada sisi dokumentasi misalnya, surat dipercaya menjadi cara terbaik untuk mendokumentasikan dan mencatat peristiwa atau informasi penting. Sekaligus berperan sebagai bukti yang bisa digunakan di pengadilan, jika ditemukan atau muncul masalah di kemudian hari.

Selain itu, surat juga dinilai sebagai bentuk komunikasi resmi dalam banyak organisasi, baik yang dicetak maupun dalam wujud persuratan elektronik.

Tingginya tuntutan untuk mengerjakan segalanya dengan cepat; bukan dalam hitungan menit, tapi juga dalam hitungan detik, membuat aktivitas persuratan yang masih dikerjakan secara manual menjadi tidak lagi relevan. Proses pembuatan, pengiriman, tracking, atau pun pencariannya memakan waktu yang lama.

Masih ditambah dengan kehawatiran adanya pembengkakan anggaran penyediaan kertas, perangko, atau hal lain sebagai penunjang aktivitas persuratan. Sekaligus juga, problem manajemen arsip yang jelas akan membutuhkan banyak ruang serta tenaga untuk menyimpan, mendata, sekaligus pengelolaannya. 

Di tengah perkembangan teknologi yang didukung dengan kecepatan dan kemajuan internet saat ini, membuat kita sebagai lembaga perkantoran, perlu memikirkan ulang bagaimana cara berkomunikasi, berkoordinasi, bekerja sama, sekaligus tetap memberi pelayanan maksimal secara cepat, tepat, akurat, dan aman kepada konsumen. 

Administrasi persuratan manual jelas harus segera diganti dan dicari solusinya. Caranya? Persuratan elektronik. 

Persuratan elektronik menjadi salah satu alternatif terbaik yang hadir dengan banyak keunggulan sebagai aplikasi surat-menyurat melalui jaringan komputer dan internet.

Memperkenalkan, IntegraOffice Persuratan, aplikasi surat-menyurat berbasis online yang akan membantu perusahaan Anda menghemat waktu kerja. Solusi efektif dan efisien administrasi birokrasi perkantoran yang bekerja sebagai aplikasi persuratan dan disposisi dengan sistem manajemen terintegrasi yang mendukung kemudahan manajemen dokumen.

Sebuah aplikasi persuratan yang akan memfasilitasi instansi dan organisasi Anda dalam mengelola dokumen surat masuk, surat keluar dan disposisi surat, serta mampu mereformasi administrasi birokrasi perkantoran dan menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). 

 

Mengapa harus IntegraOffice Persuratan?

Hadir dan telah tersedia dalam versi Web, Android, dan iOS yang pasti memberi lebih banyak kemudahan bagi Anda sebagai pengguna. Anda mendapat akses penuh, kapan dan dimanapun, semua ada dalam genggaman Anda.

Jelas dan real time. Seluruh aktivitas persuratan, baik surat yang masuk, keluar dan disposisi surat bisa dengan mudah dilacak dan diketahui status terbarunya. Anda tak pelu lagi dihantui rasa cemas akan kemungkinan hilangnya surat selama proses pengiriman, atau kegelisahan mengetahui dimana surat Anda berada sekarang. 

Masalah yang kerap ditemui ketika masih menggunakan sistem persuratan manual, seperti terjadinya penomoran surat ganda, pemalsuan surat, serta kerusakan dalam proses pengiriman, jelas tidak akan pernah Anda alami selama menggunakan IntegraOffice Persuratan.

integraOffice Persuratan telah didesain dengan sistem penomoran otomatis untuk tiap surat yang Anda buat. Terdapat hak akses khusus pada aplikasi, sehingga tidak semua orang bisa bebas mengaksesnya. Pun aplikasi persuratan ini ada dalam bentuk digital, dimana setiap datanya tersimpan dalam cloud system yang bisa Anda akses sewaktu-waktu tanpa adanya resiko kehilangan.

integraOffice Persuratan telah dipercaya, sebagai aplikasi surat-menyurat dan telah terbukti membantu proses persuratan di kementrian, pemerintahan provinsi, BUMN, BUMD, instansi Pendidikan, serta organisasi lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ganti manajemen persuratan manual Anda menjadi lebih mudah dengan aplikasi persuratan IntegraOffice

 

Sumber :

https://blog.gamatechno.com/sistem-persuratan-elektronik/

https://www.parentcircle.com/why-writing-letters-is-still-important-today/article