Kesulitan Menyusun Surat Proyek dengan Banyak Lampiran Foto? Ini Solusinya

2023-05-23T10:33:19+07:00 March 19th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Penyusunan surat resmi yang mewakili sebuah instansi harus Anda lakukan dengan benar. Apalagi, ketika Anda tengah membuat surat proyek. Informasi yang tercantum di dalamnya harus lengkap, termasuk di antaranya adalah lampiran foto dokumentasi proyek, dokumentasi kegiatan, dan lain sebagainya. 

Saat melakukan pembuatan surat secara manual, Anda bakal berhadapan pada kesulitan dalam menyisipkan setiap foto. Apalagi, kalau ada banyak foto yang perlu Anda lampirkan. Alih-alih membuat surat secara konvensional, ada solusi praktis dengan memanfaatkan aplikasi surat-menyurat. 

Kemudahan Menyusun Berbagai Jenis Surat Resmi dengan Aplikasi Surat-menyurat

Ketika memilih cara pembuatan surat dinas konvensional, Anda perlu menulisnya secara manual. Demikian pula ketika ingin melampirkan foto. Namun, situasinya bakal berbeda ketika Anda menggunakan aplikasi persuratan. Anda bisa memperoleh berbagai kemudahan sebagai berikut: 

1. Penomoran Surat yang Otomatis

Kemudahan pertama yang bisa Anda peroleh dari penggunaan aplikasi persuratan adalah fasilitas cara penomoran surat. Alih-alih menuliskannya secara manual, Anda bisa membubuhkan setiap nomor surat dinas dengan otomatis. 

Cara ini memberikan banyak keuntungan. Selain mempersingkat proses pembuatan surat. Anda juga bisa meminimalkan terjadinya kesalahan dalam penomoran surat. Salah satu contoh jenis kesalahan yang paling umum adalah penulisan nomor surat ganda. 

2. Penyusunan Format Surat dengan Praktis

Selanjutnya, Anda juga akan memperoleh kemudahan dalam penyusunan format surat. Aplikasi surat-menyurat yang canggih dapat menyediakan berbagai format penulisan surat dengan cepat. Jadi, Anda tinggal memilih format surat yang diinginkan dan tinggal melakukan penggantian pada bagian-bagian yang diperlukan. 

Baca juga:  Ribet! Pegawai ini Terpaksa Tinggalkan Manajemen Arsip di Kantor Selama Pandemi

3. Pelampiran Foto yang Cepat

Ada pula kemudahan saat ingin membuat surat melampirkan foto dokumentasi. Aplikasi persuratan yang canggih telah terintegrasi dengan sistem penyimpanan berbasis cloud. Dengan begitu, Anda tinggal mengumpulkan foto yang diinginkan pada sebuah folder dan melampirkannya ketika ingin membuat surat proyek. 

4. Hemat Biaya

Manfaat terakhir adalah dari segi biaya. Aplikasi persuratan bekerja dengan cara mengirimkan surat secara digital. Anda tidak perlu mencetak surat dan mengirimnya via pos. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mencetak surat yang disertai dengan lampiran foto serta biaya pengiriman. 

 

Baca juga: Aplikasi E Office, Solusi Membuat Surat Kantor yang Praktis dan Efektif

 

Nah, itulah berbagai kemudahan yang bisa Anda peroleh saat menggunakan aplikasi surat-menyurat. Semua kemudahan itu bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi Persuratan dari inOffice.