integraOffice Absensi – Saat ini, penggunaan absensi online menjadi pilihan banyak perusahaan. Hal ini karena absensi online memiliki banyak keunggulan yang dapat memudahkan perusahaan maupun pekerja sehingga hal tersebut membuat daya tarik tersendiri. Penggunaan e-presensi ini biasanya terhubung dengan aplikasi khusus pengelolaan absensi. Kesederhanaan mengisi presensi hanya dengan menggunakan smartphone membuat karyawan melakukan absen tanpa antri dan lebih cepat. 

Keuntungan-Keuntungan lain dalam mengunakan absensi online adalah sebagai berikut:

  • Rekapitulasi Lebih mudah 

Salah satu keuntungan absensi online adalah memudahkan pencatatan serta rekapitulasi daftar hadir karyawan. Sebab, dengan adanya absensi ini perusahaan tidak lagi perlu melakukan rekap daftar hadir karyawan. Daftar kehadiran, keterlambatan, dan ketidakhadiran sudah tercatat secara otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual. Selain itu, sistem pada absensi online juga biasanya sudah terintegrasi antardata sehingga perubahan data dapat dilakukan secara otomatis dan juga akurat.

  • Adanya Integrasi dengan Sistem Lain

Biasanya, absensi online akan terintegrasi dengan sistem lain yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini juga tergantung pada kebutuhan perusahaan, yaitu pada sistem apa presensi ini diintegrasikan. Pengintegrasian data ini menjadi dasar yang cukup baik dan bermanfaat untuk pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini juga berdampak pada  keputusan strategis yang bisa diambil secara tepat oleh perusahaan. 

  • Perampingan Tugas Kerja

Jika suatu perusahaan sudah menggunakan absensi digital, maka tidak akan ada lagi tugas melakukan rekapitulasi daftar hadir. Hal ini dikarenakan semua tugas pengurusan absen sudah dilakukan oleh sistem sehingga tidak lagi menambah tugas kerja karyawan bahkan tidak lagi diperlukan banyak sumber daya manusia untuk pengurusan absensi. 

  • Akurasi Data Tinggi 

Sistem absensi online memiliki akurasi data yang cukup tinggi dalam melakukan rekapitulasi. Hal ini menyebabkan tingkat kesalahan akan cenderung lebih kecil karena sistem absensi digital telah menggunakan aplikasi dan program khusus dalam melakukannya. Penggunaan sistem absensi online pun akan mengurangi kesalahan yang karena faktor human error yang seringkali terjadi. 

  • Lebih Efektif dan Menghemat Biaya

Dikatakan lebih efektif dan lebih menghemat biaya karena absensi online tidak memerlukan perangkat fisik untuk melakukan absen. Tidak hanya itu, absensi online juga tidak memerlukan pemasangan sistem ataupun mesin absen sehingga cara ini akan menghemat pengeluaran perusahaan. Jika menggunakan absensi online, kamu hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakan ponsel kamu untuk mengakses sistem absensi. 

  • Dapat Dipantau dan Perhitungannya Akurat 

Aplikasi absensi online terkoneksi dengan internet sehingga kemampuan memantau data dapat dilakukan secara realtime. Keunggulan pemantauan ini dapat  memudahkan kinerja dalam memproses data kehadiran karyawan, keterlambatan, serta ketidakhadiran karyawan. Sistem ini juga dapat membuat perhitungan jam kerja yang akurat karena waktu yang dipakai tersinkron otomatis dengan waktu yang berlaku di semua perangkat.

Merubah sistem absensi dari absensi konvensional menjadi absensi digital merupakan suatu pilihan yang tepat bagi perusahaan. Dengan demikian baik perusahaan maupun karyawan akan mendapatkan banyak manfaat serta kemudahan-kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Pengurusan presensi biasanya memang terdengar sepele, akan tetapi pada kenyataannya pengurusan presensi menjadi hal yang sulit jika tidak dilakukan dengan tepat.  

Itu tadi adalah beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan absensi online. Keunggulan-keunggulan tersebut tidak akan kamu dapatkan jika kamu masih menggunakan absensi konvensinal atau absensi manual. Dengan banyak keunggulan yang ditawarkan oleh absensi online, apakah kamu tidak tertarik untuk menggunakannya? Yuk, mulai beralih dari absensi konvensional menuju absensi online!