integrasolusi.com – Komunikasi merupakan hal yang setiap hari dilakukan oleh setiap orang, dari komunikasi kita dapat memahami maksud atau kemauan dari lawan komunikasi kita. Secara sederhana komunikasi ini merupakan proses bagaimana cara penyampain informasi dari satu pihak kepada pihak lain baik dilakukan secara verbal maupun non verbal, non verbal sendiri pada umumnya adalah pelengkap dari komunikasi verbal seperti tersenyum, menggelengkan kepala, mengangguk dan bahasa tubuh lainnya. Secara dewasa ini komunikasi tidak hanya sebatas verbal dan non verbal, lebih dari itu komunikasi merupakan proses menyampaikan pesan dari satu pihak kepada pihak lain melalui media perantara.

PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa IT, menuntut setiap karyawannya untuk mampu berkomunikasi dengan efektif pada setiap klien. Hal ini penting dilakukan agar setiap pelayanan yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuan. Dengan cara komunikasi yang efektif permasalahan mendasar seperti kesalahpahaman dan pesan yang tidak sampai dapat diminimalisir. Selain itu dengan komunikasi yang efektif hubungan harmonis yang sudah dibangun juga tetap bisa terjaga. Dikutip dari berbagai sumber berikut merupakan tips atau kiat-kiat dalam berkomunikasi secara efektif:

  • Terus berlatih baik verbal maupun non verbal: tidak ada hal yang paling efektif yang dilakukan selain berlatih, istilah practice make perfect benar adanya, semakin kita sering berlatih menjadikan kita handal dalam berkomunikasi. Penggunaan bahasa yang baik dan benar, pemilihan diksi yang tepat, dan intonasi yang sesuai juga sangat berpengaruh.
  • Menjadi pendengar yang baik: sebelum kita mengetahuai permasalahan yang dihadapi oleh lawan bicara hal pertama yang dilakukan adalah mendengarkan setiap keluhan yang disampaikan. Hal ini sangat penting dilakukan agar mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi sehingga tepat dalam memberikan solusi.
  • Menunjukkan rasa empati: menempatkan diri pada posisi, keadaan, perasaan, atau pikiran yang sama dengan lawan bicara merupakan cara yang baik agar terbangun chemisty satu sama lain.

Jadi, pada tiga hal dasar di atas sudah sepatutnya dimiliki oleh setiap personil Integra agar hubungan harmonis yang sudah terjalin dengan klien dapat dijaga dengan baik.